Harum dan Sedapnya Masala Chai, Teh Rempah Khas India

Masala chai adalah Teh India yang selalu disuguhkan untuk tamu yang bertandang ke rumah. Di India, masala chai adalah minuman tradisional yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Bahkan, popularitas masala chai sama dengan popularitas teh hitam di Indonesia.
Berbeda dengan teh hitam, Teh India satu ini dibuat dari banyak rempah-rempah. Penggunaan rempah-rempah membuat aroma dan citarasa masala chai jadi lebih harum dan sedap. Nah, sebelum berbagi resepnya, kenali dulu serba-serbi seputar masala chai, yuk!

Masala Chai, Teh Tradisional dari India

Setiap negara memiliki tradisi unik, termasuk dalam hal penyajian teh. India adalah negara yang memiliki resep teh unik untuk disajikan, yakni masala chai. Setiap bertamu ke rumah-rumah keluarga di India, Anda pasti akan disuguhkan minuman ini.
Masala chai kini telah menjadi minuman yang mendunia. Tak hanya populer di India, masala chai bahkan sudah sangat dikenal di Amerika Serikat maupun Indonesia. Nama “masala chai” dipakai karena teh ini dibuat dari rempah-rempah yang biasa dipakai untuk memasak hidangan khas India. Namun di negara-negara lain, minuman ini lebih dikenal dengan nama chai tea.
Rempah-rempah yang dipakai untuk membuat masala chai adalah kapulaga, kayu manis, jahe, cengkih, dan lada. Campuran rempah-rempah ini memberikan efek menghangatkan tubuh pada setiap orang yang mengonsumsi masala chai. Tubuh dan pikiran jadi terasa lebih rileks setelah meneguk masala chai hangat.
Apabila Anda punya masalah sembelit, masala chai juga bisa menjadi pencahar alami untuk melancarkan sistem pencernaan. Ramuan rempah-rempah dalam minuman ini akan membuat tubuh jadi lebih segar dan bugar.

Resep Teh India Masala Chai

Indonesia memiliki berbagai minuman teh khas yang unik. Bahkan, keunikan minuman teh asli Indonesia tidak kalah dengan teh-teh dari negara lain. Namun, jika Anda ingin mencoba sesuatu yang baru, Anda bisa mencoba membuat masala chai ini. Berikut adalah bahan-bahan dan cara membuat masala chai.

Bahan-bahan:

●    2 kantong SariWangi Teh Asli
●    5 buah kapulaga hijau
●    1 batang kayu manis
●    4 sdt gula pasir
●    1 gelas susu sapi
●    3 butir lada hitam utuh
●    1 sdm cengkih
●    1 sdt bubuk jahe kering

Cara membuat:

●    Kupas kulit kapulaga, lalu masukkan kapulaga, kayu manis, lada hitam, dan cengkeh ke dalam food processor. Alat ini akan menghaluskan semua rempah ini agar menjadi bubuk yang mudah diseduh.
●    Didihkan 4 gelas air dalam panci. Setelah airnya mendidih, segera masukkan rempah-rempah yang telah ditumbuk tadi.
●    Setelah 1 menit, tambahkan gula pasir dan biarkan sampai kembali mendidih selama 4-5 menit.
●    Tambahkan bubuk jahe kering dan susu. Biarkan mendidih.
●    Ketika sudah mendidih, silakan celupkan SariWangi Teh Asli ke dalamnya sampai warna airnya berubah menjadi pekat.
●    Sisihkan kantong tehnya dan sajikan masala chai dalam keadaan hangat.
Bagi Anda yang baru pertama kali meminum masala chai, mungkin rasa minuman ini akan terasa sedikit aneh di lidah. Namun, jika sudah terbiasa, masala chai memiliki rasa rempah segar dan bisa membuat tubuh jadi lebih segar.
Ketika membuat masala chai, jangan lupa untuk turut menambahkan SariWangi Teh Asli. Rasa dan aroma teh hitam dari SariWangi akan membuat racikan Teh India ini jadi lebih nikmat. Yuk, segera buat masala chai tea dengan resep mudah di atas.

Sumber:
epicurious.com/recipes/food/views/spiced-milk-tea-masala-chai-355421
feastingathome.com/authentic-masala-chai-recipe/
food.com/recipe/indian-masala-chai-190932
foodess.com/authentic-indian-chai-tea-recipe/
cupandleaf.com/blog/chai-tea-benefits
teahow.com/chai-tea-what-is-it-health-benefits-how-to-make-it/
timesofindia.indiatimes.com/life-style/food-news/how-to-make-masala-chai-at-home/articleshow/69027092.cms

Diakses pada:
6 November 2019