Ini Dia 5 Jenis Teh Bunga Paling Populer di Indonesia

Selama ini kita mengenal teh yang diseduh dari daun Camellia sinensis. Namun, di Indonesia ternyata ada beberapa jenis teh bunga yang populer, lho. Teh bunga merupakan minuman teh yang berasal dari seduhan bunga-bunga kering. Namun, tidak semua jenis bunga bisa dijadikan teh. Hanya bunga-bunga tertentu yang bisa diseduh menjadi teh dan menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan.
Ingin coba minum teh bunga? Yuk, simak dulu beberapa jenis teh bunga paling populer di Indonesia berikut ini!

1. Teh Bunga Krisan

Chrysanthemum atau teh bunga krisan merupakan jenis teh dengan tampilan yang sangat cantik dan rasa enak. Teh ini diyakini sudah disajikan sejak ribuan tahun lalu, tepatnya pada masa Dinasti Song di Tiongkok.
Sesuai namanya, teh bunga ini berasal dari seduhan bunga krisan yang sudah dikeringkan. Pada saat bunga ini diseduh, warna air tehnya bening dan tidak keruh. Manfaat yang ditawarkan teh bunga krisan antara lain adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meredakan peradangan pada seluruh bagian tubuh. Teh bunga krisan juga bisa mengobati beragam masalah pernapasan.

2. Teh Mawar

Siapa yang tak familiar dengan bunga cantik satu ini? Bunga mawar bukan hanya sekadar menjadi penghias ruangan atau bahan untuk membuat hand bouquet. Anda dapat menjemur bunga mawar sampai kering, lalu menyeduhnya dengan air panas menjadi teh bunga mawar.
Air seduhan bunga mawar juga tidak terlalu pekat warnanya. Namun, aroma mawarnya yang segar sangat menggugah selera. Minum secangkir teh mawar bisa membantu Anda terhindar dari stres, menurunkan berat badan, sampai dengan menjadi detoks alami untuk membuang racun-racun di dalam tubuh.

3. Teh Rosella

Satu lagi jenis teh bunga yang sangat populer di Indonesia, namanya teh rosella. Bunga rosella akan mengubah warna air menjadi merah sehingga tampilan teh ini kemerahan alami. Untuk membuat rasa teh rosella ini jadi semakin nikmat, Anda dapat menambahkan madu, gula, atau daun mint.
Usut punya usut, teh dengan warna yang cantik ini dapat membasmi cacing-cacing perut yang menyebabkan cacingan. Di samping itu, teh rosella juga efektif menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

4. Teh Kamomil

Teh kamomil atau yang kita kenal sebagai chamomile tea memang menjadi teh bunga yang cukup digemari. Tak hanya di Indonesia, penikmat teh ini juga berasal dari negara lain. Jenis teh ini juga disebut sebagai minuman herbal lantaran menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan.
Chamomile tea diklaim menawarkan manfaat untuk menjaga kesehatan kulit maupun menurunkan gula darah. Ketika meminum teh kamomil, Anda tidak perlu lagi menambahkan gula atau pemanis lainnya karena teh ini lebih nikmat diminum tanpa tambahan pemanis.

5. Teh Melati

Berbeda dari teh bunga lainnya, teh melati ini merupakan campuran daun teh dengan bunga melati. Jenis teh yang dipakai untuk membuat teh melati bermacam-macam, bisa teh hitam maupun teh hijau. Daun teh kering dipakai untuk membalut bunga melati, lalu diseduh air panas.
Rasa dan aroma teh melati ini begitu menenangkan. Teh melati juga punya manfaat untuk konsumennya, di antaranya adalah meningkatkan kewaspadaan, memperbaiki mood, serta meredakan sakit kepala.
Berminat mencoba salah satu teh bunga paling populer ini? Yuk, segera tentukan jenis teh bunga yang ingin kamu minum hari ini. Kalau ingin menikmati teh bunga yang lebih praktis, Anda bisa menyeduh SariWangi Teh Melati. Rasa dan aroma yang ditawarkan SariWangi Teh Melati sama dengan yang Anda peroleh dari teh melati yang diracik secara tradisional.

Sumber:
pegipegi.com/travel/9-jenis-teh-bunga-yang-kaya-akan-manfaat/
hipwee.com/list/5-jenis-teh-bunga-dan-manfaatnya-yang-perlu-diketahui-para-pecinta-teh/
jawapos.com/kesehatan/health-issues/19/03/2019/buktikan-7-khasiat-teh-bunga-krisan-atasi-stroke-hingga-masalah-kulit/
today.line.me/id/pc/article/6+Jenis+Bunga+yang+Bisa+Kamu+Seduh+Jadi+Teh+Herbal-n5Jl8x
liputan6.com/health/read/3595340/5-khasiat-teh-mawar-untuk-kesehatan
health.detik.com/berita-detikhealth/d-4593103/9-manfaat-rosella-untuk-kesehatan-mau-tahu
idntimes.com/food/dining-guide/renny-fitri/ajaib-inilah-5-faedah-penting-jika-sering-minum-teh-bunga-telang-c1c2

Diakses pada:
19 Desember 2019