Memaknai Peran Ibu dalam Keluarga

Ibu adalah sosok hebat di dalam keluarga. Ia bisa menjadi apa saja di dalam sebuah keluarga. Peran ibu di dalam keluarga memang sangat besar. Ia dapat mengayomi, mendidik, dan mengajarkan berbagai hal kepada anak-anaknya. Bahkan, ibu juga bisa menjadi seseorang yang menjembatani komunikasi keluarga, misalnya komunikasi antara ayah dan anaknya. Seperti yang kita ketahui, ibu memiliki peran keluarga yang cukup besar. Nah, apa saja sih sebenarnya yang bisa dilakukan oleh seorang ibu dalam sebuah keluarga?

  • Manager untuk mengatur urusan rumah tangga
    Sebuah keluarga tentu membutuhkan seseorang yang dapat mengatur segala kebutuhan rumah tangga. Jika ayah memiliki peran keluarga sebagai pencari nafkah, ibu bertugas mengelola keuangan keluarga. Dengan kata lain, ibu bisa menjadi manajer yang handal untuk mengatur segala kebutuhan anak-anak, suami, maupun dirinya sendiri.

  • Guru yang mendidik anak-anak
    Terlepas seorang ibu memiliki profesi sebagai eksekutif atau ibu rumah tangga, sosok ibu dapat menjadi guru yang terampil dalam mendidik anak-anaknya. Bukan sekedar mengajarkan materi pelajaran di sekolah saja, ibu juga berperan penting dalam membentuk karakter dan perilaku anak. Ibu juga dapat menjadi guru yang mengajarkan hal-hal yang baik atau hal buruk yang harus dihindari.

  • Koki yang menyediakan makanan keluarga
    Tidak ada koki yang lebih hebat dari seorang ibu. Beliau dapat menyiapkan teh celup dan sarapan lengkap di pagi hari sampai memasak makan malam yang bergizi untuk keluarganya. Memikirkan menu makanan setiap hari ternyata tidak mudah, lho. Ibu merupakan seorang koki terbaik yang berusaha menyajikan makanan enak dan bergizi tetapi juga variatif agar keluarganya tidak bosan saat menyantap masakannya.

  • Motivator dalam keluarga
    Bukan hanya sekedar menyiapkan teh berkualitas saat sedang duduk santai bersama keluarga, ibu juga bisa menjadi motivator terbaik yang menyemangati anggota keluarganya. Beliau juga menjadi supporter setia untuk mendukung suami dan anak-anaknya dalam mewujudkan impian. Ketika ada salah satu anggota keluarga yang menyerah, ibu adalah orang yang pertama membangkitkan semangat dan memotivasi keluarganya agar tidak gampang menyerah.

  • Perawat sekaligus dokter
    Ketika sedang sakit, ibu bisa menjadi perawat yang menyediakan keluarganya secangkir teh celup hangat dan sup. Bahkan, sekalipun anak-anaknya sedang sakit, ibu juga mampu memilihkan obat terbaik atau membuat obat tradisional sendiri. Jadi, boleh dibilang peran ibu dalam keluarga bisa menjadi perawat sekaligus dokter.

Masih banyak peran seorang ibu  dalam sebuah keluarga. Ibu memang merupakan sosok yang hebat untuk melengkapi peran keluarga dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai ungkapan terima kasih atas peranan yang sudah dijalani ibu selama ini, sudahkah Anda mengungkapkan rasa sayang Anda kepada ibu atau wanita yang telah menjadi ibu bagi anak-anak Anda?
  
Sumber:
sayangianak.com/ibu-memainkan-banyak-peran-dalam-keluarga-diantaranya-12-peran-ini-yang-ibu-mainkan/
sayangianak.com/menjadi-seorang-ibu-bukan-hal-mudah-ini-6-peran-ibu-dalam-keluarga/
dosenpsikologi.com/peran-ibu-dalam-keluarga
Diakses pada: 21 Nov 2017