Menambahkan Gula Kelapa ke Teh Hijau, Kenapa Tidak?

Ada sejumlah minuman yang menggunakan tambahan gula kelapa ke dalamnya, entah itu bubble milk tea atau kopi. Namun, mencoba menambahkan gula kelapa ke dalam teh masih sangat jarang ditemukan, terutama teh hijau. Sebagai minuman yang dianggap sehat, teh hijau memang dianjurkan untuk dinikmati tanpa tambahan pemanis apa pun. Meski demikian, anjuran tersebut bukan berarti menjadi larangan untuk menambahkan gula kelapa ke dalam teh hijau, lho.
Untuk meyakinkan Anda bahwa menambahkan gula kelapa ke dalam teh hijau adalah ide yang tepat, simak penjelasan lengkapnya di sini, ya!

Bolehkah Menambahkan Gula Kelapa ke Teh Hijau?

Menambahkan gula kelapa atau pemanis lainnya ke dalam teh hijau masih menuai pro dan kontra. Sejumlah orang kurang setuju menambahkan pemanis ke dalam teh hijau karena dianggap mampu mengurangi khasiatnya. Lantas, apakah benar menambahkan pemanis bisa mengurangi khasiat dari teh hijau?
Perlu Anda ketahui, menambahkan gula kelapa ke dalam teh hijau tidak mengurangi khasiat atau kandungan nutrisi dalam teh hijau. Penambahan gula hanya mengubah cita rasa teh hijau, tapi tidak mengurangi manfaatnya.
Tidak semua orang terbiasa mengonsumsi teh tanpa gula. Selama Anda menambahkan gula kelapa atau pemanis dengan takaran secukupnya ke dalam teh hijau, tentu saja minuman teh hijau tersebut tetap berkhasiat dan justru akan terasa sangat enak di lidah.

Resep Teh Hijau dengan Gula Kelapa

Ingin membuat teh hijau dengan tambahan gula kelapa? Sebaiknya tambahkan juga beberapa bahan tambahan lainnya agar rasanya jadi lebih nikmat dan legit. Yuk, intip resep teh hijau dengan gula kelapa berikut!

Bahan-bahan:

●    2 sdm bubuk matcha
●    1 kantong SariWangi Teh Hijau
●    3 sdm gula kelapa cair (sesuai selera)
●    120 ml air
●    Susu sesuai selera
●    Es batu secukupnya

Cara membuat:

●    Seduh bubuk matcha dengan air panas. Masukkan juga SariWangi Teh Hijau ke dalam seduhan matcha tersebut.
●    Dalam wadah terpisah, kocok susu sapi segar sampai berbuih.
●    Tambahkan es batu, air seduhan matcha dan SariWangi Teh Hijau, serta susu sapi ke dalam blender. Blender semua bahan-bahan tersebut.
●    Tuangkan es matcha ke dalam gelas saji. Masukkan gula kelapa cair ke dalamnya, hindari mengaduk agar tampilannya tetap menarik.
Jika tidak ingin menambahkan susu, bubuk matcha atau bahan tambahan lainnya, Anda bisa menyeduh SariWangi Teh Hijau saja, lalu tambahkan gula kelapa cair secukupnya. Perpaduan rasa antara teh hijau dengan gula kelapa cair akan menghasilkan minuman pelepas dahaga yang legit dengan aroma menggugah selera.

Tips Menambahkan Gula Kelapa ke dalam Minuman

Mengingat saat ini sudah banyak minuman yang dikombinasikan dengan gula kelapa, tentu saja Anda ingin turut mengombinasikan gula ini dengan jenis-jenis minuman lainnya. Namun, sebelum mencampurkan gula kelapa ke dalam minuman, ketahui dulu beberapa tips di bawah ini.
●    Gula Kelapa Harus Dicairkan
Sebelum menuang gula kelapa ke dalam minuman, pastikan dulu bahwa Anda sudah mencairkan tekstur gula kelapa tersebut. Jika gulanya tidak cair, sulit untuk menghasilkan teh hijau dengan cita rasa yang legit.
●    Tambahkan Secukupnya
Dalam menambahkan gula kelapa, tambahkan secukupnya saja jangan berlebihan. Gula kelapa memiliki rasa yang lebih manis dibanding gula pasir. Jika terlalu banyak menambahkan gula kelapa, rasanya akan menjadi terlalu manis dan bikin eneg.
Yuk, tunggu apa lagi, segera coba resep teh hijau dengan gula kepala ini! Tak hanya menawarkan kesegaran, tetapi minuman ini juga bisa menjadi mood-booster.

Sumber:
bolehkah.com/943/bolehkah-mencampur-teh-hijau-dengan-gula.html
tehsariwangi.com/resep/resep-es-teh-hijau-matcha
nourishedlife.com.au/article/154906/difference-between-matcha-green-tea.html

Diakses pada:
6 November 2019