7 Cara Ampuh Minta Maaf Agar Hubungan Lebih Harmonis

Minta maaf pada pasangan itu wajib. Minta maaf memiliki dampak baik yang  mempengaruhi kesehatan mental dan fisik. Menurut penelitian University of British Colombia, orang yang mendapat permintaan maaf dengan tulus mengalami pemulihan amarah dan pemulihan tekanan darah lebih cepat (1).
 
Tapi bagi beberapa orang, mengatakan maaf secara langsung sering kali sulit. Bila hubungan mau asyik lagi usai bertengkar, ada cara ampuh yang bisa kamu lakukan. Kembalikan senyum si dia dengan 8 cara minta maaf pada pasangan ini.

1. Kirim surat cinta

 
Surat cintaku yang pertama membikin hatiku melompat
Seperti melodi yang indah kata-kata cintanya padaku
 
Sepenggal lagu Surat Cinta dari Vina Panduwinata ini bisa menggambarkan rasa senangnya mendapat surat cinta dari yang tersayang. Jadi kalau kamu mau minta maaf pada pasangan dengan cara yang berbeda dan bikin dia speechless sekaligus senang, ide bikin surat cinta ini bisa dicoba. Rasanya seperti kembali pada masa pacaran masa SMA, kan?
 
Tuliskan permohonan maaf dan penyesalanmu. Jangan lupa untuk menyisipkan kata cinta. Bila memungkinkan, kamu bisa kirim surat ke kantor suami menggunakan jasa kurir online. Pastikan surat cintamu tidak terbaca oleh asisten atau sekretarisnya, ya!

2. Hangatkan kembali dengan pelukan


 

Sedang perang dingin dengan si dia? Sebelum membicarakan masalahnya, mari awali dengan beri pelukan hangat. Seringkali dia sudah tidak kesal, hanya gengsi untuk menyapa lebih dulu. Maka pelukan hangat yang tulus dari kamu bisa kembali menghangatkan hatinya.

3. Tulis notes di dompet 

 
Mari berkreasi dengan kata dan buat si dia tersenyum kembali kepadamu. Bagaimana dengan menaruh sebuah notes pada dompetnya? Kamu bisa menulis: “I’m sorry for hurting you.” Atau “Thank you for forgiving me.” Kamu juga bisa menambahkan pesan khusus seperti “Dinner berdua, yuk.”
 
Saat menulis notes, tidak perlu menulis pesan bertele-tele. Namun bila pasanganmu memang orang yang humoris, kamu bisa menulis pantun jenaka seperti ini:
Siang-siang makan ikan patin
Dilanjutin makan apel malang
Mohon maaf lahir batin
Hanya abang sayangnya neng seorang

4. Beri pijatan


Tidak ada yang menolak diberi pijatan setelah lelah bekerja seharian. Jangan tawarkan mau atau tidak, langsung saja giring pasangan ke kamar dan beri pijatan setulus hati. Pasang aromaterapi sereh yang bikin makin relaks. Siapa yang sangka kamu dan suami habis bertengkar tadi pagi? Karena kini suami pun makin sayang!

5. Buat video minta maaf

 
Buat video minta maaf menggunakan aplikasi pembuat video pada smartphone dan kirim pada aplikasi pesannya. Caranya pilih foto-foto berdua yang seru, kumpulkan foto pilihan dalam satu folder untuk memudahkan pengeditan. Tambahkan caption yang menyatakan betapa bersyukurnya kamu memiliki dia sebagai pasangan dan beri backsound lagu kesukaannya. Di akhir video, ketik permintaan maafmu.

6. Beri kejutan staycation



 

Coba renungkan lagi, jangan-jangan pertengkaran kemarin bisa pecah karena kalian berdua sedang sama-sama lelah dan butuh penyegaran sejenak. Bila pekerjaan sedang tak bisa ditinggal lama-lama, kenapa tak atur saja staycation 2-3 hari di tengah kota. Kirim bukti booking hotel dengan pesan: “Nginep, yuk, sayang. I miss you.”  Selain tetap bisa handle pekerjaan, kamu dan dia pun bisa ganti suasana sejenak sambil menghangatkan hubungan.

7. Buat makanan dan minuman kesukaannya

 
Agar suasana kembali nyaman setelah berberselisih paham, sajikan hidangan favoritnya di meja makan. Disaat seperti ini, waktunya kembali menghangatkan komunikasi kalian berdua dan mengandalkan secangkir teh SariWangi sebagai minuman yang membuat pasangan membuka hatinya. Kamu juga bisa membuatkan Es Teh Madu dan Semangka dari teh berkualitas [insert link here] SariWangi yang menyegarkan. Perut kenyang, hati senang, pikiran tenang. Si dia pun bisa kembali diajak bicara dengan kepala dingin.
 
Cara minta maaf pada pasangan yang dilakukan dengan tulus akan mempererat hubungan. Jangan lupa, [insert link here] SariWangi akan selalu menemani kebersamaan kamu dan pasangan demi menciptakan kehangatan. Nikmati dengan cara diseduh atau dengan kreasi minuman teh lainnya.
 
 
Mimi O’ Connor (2016). The Power of “I’m Sorry.” Diambil dari: https://www.ornish.com/zine/powerful-effect-im-sorry/. [Diakses pada: 14 Desember 2020]