Cara Terbaik Untuk Menghargai Pendapat Anak

Setiap orang tua tentu ingin anaknya memiliki rasa hormat dan patuh pada orang tua dan keluarga. Namun, sadarkah Anda bahwa anak juga memiliki hak untuk berpendapat? Untuk hal-hal yang sederhana, terutama yang berhubungan dengan anak Anda, maka anak berhak untuk turut andil dalam memberikan pendapat. Keluarga harmonis tentu tidak hanya memaksa anak untuk patuh pada orang tuanya, tetapi orang tua juga harus lebih banyak mendengarkan pendapat dari anak-anaknya.
 
Ada perasaan dihargai ketika orang tua mau mendengarkan pendapat anak. Untuk hal-hal sepele, seperti memilih sekolah baru, tempat wisata yang akan dikunjungi saat akhir pekan, dan menu makan malam, cobalah untuk menghargai pendapat anak. Sambil menikmati waktu keluarga dengan menonton film, tidak ada salahnya jika Anda mendengarkan pendapat si kecil mengenai film yang ia sukai. Keluarga harmonis akan saling menghargai pendapat satu sama lain, termasuk orang tua yang mau menghargai pendapat buah hatinya.
 
Ketika anak-anak bebas mengajukan pendapat, mereka akan jadi lebih terbuka kepada Anda. Dengan memberikan anak-anak kebebasan berpendapat, maka anak jadi lebih berani berterus terang kepada orang tuanya. Sebagai orang tua, Anda pun tidak perlu khawatir si anak membohongi Anda. Pasalnya, anak sudah mulai berani mengungkapkan hal yang ia inginkan atau yang tidak disukai.
 
Keluarga yang harmonis tidak hanya memiliki lebih banyak waktu keluarga, tetapi ada keseimbangan dalam berpendapat antar anggota keluarga. Sebagai orang tua, seringkali kita enggan untuk mendengarkan pendapat anak karena merasa pilihan yang kita berikan  adalah yang terbaik. Padahal, yang terbaik untuk kita belum tentu terbaik juga bagi buah hati Anda. Ketika Anda mulai menghargai pendapat anak, itu artinya Anda tidak harus langsung setuju dengan pendapatnya, tetapi Anda bisa mempertimbangkan pendapat mereka jika itu positif.
 
Sayangnya, masih banyak orang tua yang tidak tahu bagaimana cara menghargai pendapat anak-anaknya. Kadang-kadang kita masih sering memaksakan kehendak, sementara anak takut untuk berkata jujur meskipun ia kurang setuju. Berikut merupakan tips-tips untuk membantu para orang tua agar lebih mudah menghargai pendapat anak.
 

Jangan Menjadi Diktator
Jadilah orang tua yang menyenangkan dan selalu mau mendengarkan pendapat anak. Jangan pernah menjadi orang tua yang diktator, dengan kata lain selalu ingin dituruti. Sebagai orang tua, terkadang kita juga bisa melakukan kesalahan. Nah, seiring bertambahnya usia anak Anda, maka pendapatnya pun juga bisa dipertimbangkan ketika hendak mengambil keputusan. Tidak selamanya pendapat orang tua selalu lebih benar dibanding pendapat anaknya.
 
Miliki Lebih Banyak Waktu Keluarga
Memiliki lebih banyak waktu keluarga ini penting untuk saling berbagi dengan buah hati Anda. Budayakan momen berkumpul bersama keluarga di rumah. Sambil menikmati kehangatan Teh SariWangi, ajak anak-anak Anda untuk saling bercerita bersama. Momen kumpul bersama keluarga ini memungkinkan Anda untuk mendengarkan pendapat buah hati Anda secara intensif. Jika pendapatnya benar, katakan pada anak bahwa pendapatnya benar, tetapi jika pendapatnya salah maka Anda bisa memberitahukan di mana letak kesalahannya. Cara ini akan memberikan rasa nyaman bagi anak Anda untuk berani bicara dalam mengungkapkan perdapatnya atas berbagai hal.
 
Beri Kebebasan Berpendapat
Ada orang tua yang tidak ingin pendapatnya ditentang oleh anak. Padahal, anak Anda mungkin hanya ingin mengutarakan pendapatnya karena mereka merasa kurang nyaman dengan keputusan Anda. Jika Anda ingin menjadi orang tua yang selalu menghargai pendapat anak, maka Anda harus memberikan kebebasan berpendapat pada anak Anda. Libatkan buah hati Anda ketika Anda dan pasangan hendak mengambil keputusan yang berhubungan dengan keluarga.
 
Jangan malu untuk menanyakan pendapat buah hati Anda. Untuk membangun keluarga harmonis memang diperlukan keterbukaan dari setiap anggota keluarga. Sudah saatnya untuk lebih menghargai pendapat anak Anda dan jadilah orang tua yang menyenangkan bagi mereka.
 
 
Sumber:
beritasatu.com/gayahidup-keluarga/144616-pentingnya-mendengarkan-dan-menghargai-pendapat-anak.html
my-lifespring.com/artikel/menghargai_anak.php
mommiesdaily.com/2017/01/17/supaya-anak-bisa-menghargai-pendapat-orang-lain/
Diakses pada: 21 Juli 2017