Manfaat Dari Air dan Ampas Teh

​Manfaat dari teh ternyata tidak terbatas hanya hingga teh dikonsumsi. Air dan ampas daun teh dapat Anda ambil manfaatnya, baik untuk kesehatan, kecantikan, ataupun untuk hal-hal lainnya. Jika selama ini Anda menganggap ampas teh sebagai sampah, mulai sekarang Anda dapat mencoba mengambilmanfaat ampas teh yang telah terpakai.

Menyegarkan Mata

Untuk melakukannya, cukup lapisi ampas teh dingin dengan kain tipis bersih lalu letakkan di atas pelupuk mata. Jika tidak ingin repot membungkus ampas teh, Anda dapat langsung meletakkan ampas teh di pelupuk mata. Manfaat ampas teh tetap akan sama.

Mengurangi Jerawat

Ampas teh dapat dimanfaatkan untuk dijadikan masker. Caranya adalah dengan menambahkan sedikit air ke dalam ampas teh. Aduk hingga rata, lalu gosokkan masker teh ke wajah dengan lembut sekitar 5 menit. Terakhir, bilas menggunakan air bersih.

Menjadi Lulur Tubuh

Manfaat ampas teh juga bisa didapat dengan menjadikannya lulur tubuh. Pertama, diamkan teh selama 1 malam dan jaga agar ampas teh tidak terkena kotoran dengan menutup rapat tempat penyimpanan teh. Keesokan harinya, ambil ampas teh sedikit demi sedikit dan balurkan ke sekujur tubuh, diamkan sebentar hingga lulur meresap, lalu lakukan pemijitan ke sekujur tubuh untuk membuang kotoran-kotoran dan kulit mati.

Menghilangkan Bau Kaki Tidak Sedap

Masalah bau tidak sedap pada kaki tentu amat mengganggu. Manfaat air teh dapat Anda gunakan untuk mengatasinya. Caranya adalah dengan menyiapkan air teh hitam yang dingin. Rendam kaki setiap hari selama seminggu dalam air teh hitam.Tanin yang terkandung dalam teh hitam ini membunuh bakteri di kaki dan menutup  pori-pori kaki sehingga mencegah bau kaki datang kembali.

Menyuburkan Tanaman

Agar tanaman yang Anda tanam tumbuh subur, taburkanlah ampas teh di sekitar tanaman sambil dibenamkan ke dalam tanah.

Menghilangkan Bau Amis pada Perangkat Masak

Manfaat ampas teh juga dapat dirasakan untuk keperluan rumah tangga. Cuci bersih wajan setelah selesai digunakan. Kemudian rebuslah ampas daun teh di dalamnya. Setelah didiamkan selama 20 menit, bau amis atau aroma dari bahan yang tadi dimasak akan terserap oleh ampas daun teh.

Manfaat dari teh ternyata begitu luas dan tidak terbatas hanya pada daun teh yang kita konsumsi sebagai minuman sehari-hari. Ampas dan air teh ternyata juga memiliki manfaat yang tidak dapat diremehkan. Layak untuk Anda coba dalam kehidupan sehari-hari.