Memahami 4 Tipe Tetangga Rumah untuk Membangun Hubungan yang Baik

Kehidupan bertetangga kadang memang tidak selalu berjalan menyenangkan. Ada kalanya kita bertetangga dengan orang yang tertutup, tapi ada juga yang terlalu ingin mengetahui urusan pribadi kita. Adakah cara untuk menjalin hubungan yang baik dengan tetangga di lingkungan tempat tinggal kita? Yuk, mulailah komunikasi keluarga agar Anda sekeluarga bisa mencari solusi terbaik dalam menghadapi tetangga dengan tipe yang berbeda-beda!

 
Tahukah Anda jika segelas kreasi minuman segar dari SariWangi Teh Melati bisa membantu Anda untuk membangun hubungan baik dengan tetangga? Akan tetapi, sebelumnya Anda harus mengenal 4 tipe tetangga berikut ini agar Anda tahu cara menghadapi mereka.

  • Tetangga introvert yang tidak mau bersosialisasi

Tetangga sejenis ini mungkin sering Anda temukan ketika tinggal di apartemen. Namun, meskipun tinggal di perumahan atau perkampungan selalu saja ada tetangga tertutup yang enggan menjalin sosialisasi. Cara menghadapi jenis tetangga yang introvert adalah mulailah untuk menyapa lebih dulu ketika bertemu. Sapaan sederhana, seperti “Selamat pagi” atau “Halo” bisa mencerminkan keramahan dan kebaikan diri. Sesekali Anda juga bisa mengantar kreasi minuman dari teh melati untuk menjalin hubungan yang baik dengan tetangga yang tertutup.

  • Tetangga yang suka bergosip

Dari masa ke masa, tetangga yang suka bergosip memang tidak bisa dihindari. Di setiap wilayah tempat tinggal selalu saja ada tetangga yang gemar membicarakan orang lain. Jika Anda bertetangga dengan orang yang gemar bergosip, sebaiknya jaga jarak tanpa perlu menghindar secara terang-terangan. Pasalnya, tetangga jenis ini cukup berbahaya karena bisa mengadu domba Anda dengan orang lain atau justru membicarakan Anda ketika sedang berbincang dengan tetangga yang lainnya.

  • Tetangga kasar dan pemarah

Tipe tetangga yang satu ini memang membuat kita merasa tidak nyaman. Namun, bukan berarti kita harus menjauhi tetangga yang kasar dan pemarah. Pada dasarnya, kita tidak mengetahui alasan mengapa mereka memiliki sikap kasar dan cenderung pemarah. Tetaplah menyapa tetangga Anda yang pemarah ini dan tunjukkan keramahan Anda. Tetangga yang pemarah sekali pun bisa melunak jika kita mengajaknya santai sambil minum teh celup atau membawakan mereka makanan kecil sesekali.

  • Tetangga yang kaya raya

Punya tetangga kaya raya tidak lantas membuat Anda jadi rendah diri. Bisa jadi mereka justru ringan tangan untuk menolong tetangganya yang membutuhkan bantuan. Sekali pun tetangga Anda sombong, jangan hindari mereka. Dekatkan diri Anda dengan memberi kreasi minuman yang segar di siang hari atau memberi bingkisan pada hari raya. Jika Anda melakukannya tanpa pamrih, percayalah hasilnya akan menjadi lebih baik.
 
Komunikasi keluarga memang sangat penting, tetapi bukan berarti kita melupakan komunikasi dengan tetangga. Kadang-kadang Anda harus memulai lebih dulu untuk ramah tamah dengan keluarga. Undang tetangga untuk menikmati SariWangi Teh Melati dan kudapan di rumah Anda. Bicarakan hal-hal ringan sambil menyeruput nikmatnya teh celup SariWangi yang bisa mengakrabkan hubungan Anda dan para tetangga.
 
 
Sumber:
brilio.net/life/kenali-tipe-tipe-tetangga-ini-biar-kamu-nggak-ribet-ketika-bergaul-150713x.html#
properti.liputan6.com/read/2533109/ini-tips-menghadapi-beragam-tipe-tetangga
momitforward.com/neighbors-relationships/
Diakses pada: 19 Sep 2017