Miliki Kulit Wajah yang Cerah dengan Memanfaatkan Ampas Teh

Manfaat ampas teh untuk kecantikan memang tidak perlu diragukan lagi. Teh hitam atau teh hijau yang sudah diseduh bisa dimanfaatkan untuk merawat kulit wajah. Salah satu manfaat yang ditawarkan ampas teh adalah mencerahkan kulit wajah secara alami. Daripada membuang banyak uang untuk membeli produk pemutih wajah, lebih baik coba dulu ampas teh ini untuk membantu Anda memiliki kulit wajah yang cerah alami.

Bagaimana Ampas Teh Bisa Mencerahkan Wajah?

Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana ampas teh bisa dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk mencerahkan wajah. Pertama, ampas teh berperan sebagai eksfoliator alami untuk mengangkat sel kulit mati di kulit wajah. Ketika sel kulit mati terangkat, kulit wajah terlihat jadi lebih cerah dan segar.
Kandungan antioksidan yang terdapat dalam teh juga mampu mengembalikan kesegaran kulit sehingga memberikan efek wajah lebih cerah. Selain itu, antioksidan tersebut bekerja melindungi kulit dari sinar UV. Kulit jadi lebih cerah alami dan terlindungi dari efek samping paparan sinar matahari yang mengandung UV.

Efek Samping Masker Ampas Teh

Jika belum pernah mencoba perawatan dengan ampas teh, tentu Anda akan khawatir mengenai efek samping dari penggunaan ampas teh. Perlu Anda ketahui, penggunaan teh sebagai bahan alami untuk merawat wajah dapat dipastikan sangat minim efek samping.
Teh bersifat menenangkan sehingga aman untuk kulit sensitif yang mudah iritasi. Bahkan, pemakaian masker dari ampas teh tidak menimbulkan reaksi perih atau gatal pada kulit yang sensitif.

Masker Eksfoliasi dari Teh Hitam dan Madu

Untuk memperoleh manfaat ampas teh yang bisa mencerahkan kulit wajah, pertama-tama Anda harus menyediakan ampas tehnya terlebih dahulu dan beberapa bahan tambahan lain.

Bahan-bahan:

●    1 kantong teh celup yang sudah diseduh
●    3 sdm air panas
●    1 sdm madu murni
●    1 sdt air perasan jeruk lemon
●    1 sdt sari cuka apel

Cara membuat dan menggunakan masker:

●    Keluarkan ampas teh dari kantung dan campurkan dengan air panas.
●    Tambahkan madu murni, air perasan jeruk lemon, dan sari cuka apel; lalu aduk selama 2-3 menit sampai semua bahan tercampur rata.
●    Aplikasikan masker ini ke seluruh bagian wajah; diamkan selama 15-20 menit. Beri pijatan ringan ketika memakai masker ini agar sirkulasi darah di area wajah lebih lancar.
●    Bilas dengan air suam-suam kuku sampai semua bekas ampas tehnya hilang dari wajah Anda.

Masker Eksfoliasi dari Teh Hitam dan Gula

Eksfoliasi adalah metode pengelupasan untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Cara ini memang terbukti ampuh untuk membuat kulit jadi terlihat lebih cerah. Ampas teh bisa dimanfaatkan sebagai masker eksfoliasi alami, loh. Yuk, cari tahu bahan-bahan dan cara memakainya!

Bahan-bahan:

●    1 kantong teh celup yang sudah diseduh
●    1 sdm gula pasir
●    ½ sdm air perasan jeruk lemon

Cara membuat dan memakai:

●    Sisihkan ampas teh dari kantungnya, lalu letakkan ke dalam sebuah wadah.
●    Masukkan gula pasir dan air perasan jeruk lemon; aduk sampai semua bahan tercampur rata.
●    Aplikasikan bahan-bahan alami ini ke seluruh bagian wajah dengan gerakan memutar agar sel kulit mati terangkat.
●    Setelah didiamkan selama 15 menit, bilas wajah dengan air dingin.
Nah, manfaat ampas teh untuk mencerahkan kulit wajah ini bisa Anda peroleh jika rutin mengenakan maskernya minimal 2-3 kali seminggu. Gunakan saja ampas teh dari SariWangi Teh Asli yang sudah diseduh. Tidak perlu menggunakan kantung teh baru, ya!

Sumber:
healthline.com/health/beauty-skin-care/green-tea-face-mask#what-do-you-need
loveforyourskin.net/homemade-green-tea-face-masks-for-acne/
sipsby.com/blogs/tea-beauty/tea-beauty-honey-black-tea-exfoliating-mask

Diakses pada:
4 November 2019