Minum Teh Hitam dapat Mengurangi Risiko Diabetes, Benarkah?

Minum teh hitam atau milk tea  konon bisa mengurangi risiko diabetes, benarkah hal tersebut? Diabetes memang bukan penyakit yang mematikan seperti kanker. Namun, sekali menderita diabetes, penderitanya tidak bisa sembuh dan harus hidup dengan kondisi tersebut selamanya. Obat-obatan yang dikonsumsi penderita diabetes tidak untuk menyembuhkan, tetapi menjaga kadar gula darah agar tetap stabil dan mengurangi risiko komplikasi.

Mencegah Diabetes Secara Sederhana

Ketika seseorang menderita diabetes, ia harus terus memantau kadar gula darahnya secara teratur. Kadar gula yang terlalu tinggi bisa menyebabkan penderita diabetes mengalami komplikasi yang menyerang organ tubuh lainnya.
Diabetes bukan penyakit yang bisa disembuhkan. Orang yang berhasil pulih dari diabetes bisa tetap beraktivitas dengan sehat tanpa ada batasan. Namun, penyakit yang satu ini tidak benar-benar hilang dan bisa menyebabkan komplikasi jika penderita tidak bisa menjaga pola hidup sehatnya dengan baik.
Ada beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan untuk mencegah diabetes, antara lain:
1.    Jaga Berat Badan Normal
Orang yang memiliki berat badan berlebih (obesitas) lebih berisiko terkena diabetes. Ini karena berat badan berlebih dapat mengganggu metabolisme yang pada akhirnya membuat sel-sel tubuh tidak dapat merespons insulin dengan baik. Kondisi ini menyebabkan resistensi insulin yang memang merupakan faktor penyebab diabetes tipe 2.
2.    Kurangi Konsumsi Gula
Cara paling jitu mengurangi risiko diabetes adalah mengurangi konsumsi gula berlebih. Gula memang tidak langsung menyebabkan diabetes. Meski demikian, gula bisa meningkatkan berat badan jika ketagihan mengonsumsi makanan-makanan manis.
3.    Olahraga Teratur
Meluangkan waktu 30 menit sehari untuk berolahraga ternyata sangat besar manfaatnya. Olahraga tidak hanya menghindari risiko obesitas, tetapi juga bisa menurunkan kadar gula darah. Aktivitas fisik memang bisa mencegah resistensi insulin pada orang dewasa. Anda tak perlu ragu untuk berolahraga. Sekalipun tak sempat pergi ke pusat kebugaran, Anda tetap bisa berolahraga sendiri di rumah.
Berbagai cara di atas merupakan cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah diabetes. Namun, ada juga yang mengatakan diabetes bisa dicegah dengan mengonsumsi teh hitam atau minuman lain yang terbuat dari teh hitam, seperti milk tea.

Minum Teh dapat Mencegah Diabetes

Konon, teh hitam bisa menjadi minuman yang ampuh menurunkan risiko diabetes. Bahkan, para peneliti sudah melakukan uji coba untuk membuktikan bahwa teh benar-benar efektif mengurangi risiko diabetes.
Hasilnya, dalam teh terdapat kandungan polifenol, senyawa antioksidan yang ada di hampir setiap jenis tanaman. Polifenol memiliki berbagai manfaat untuk tubuh, mulai dari mengurangi stres oksidatif, melebarkan arteri, menurunkan tekanan darah, sampai dengan mencegah kolesterol.
Kandungan polifenol yang terdapat pada teh hitam juga efektif mengatur glukosa dalam tubuh dan mengendalikan diabetes. Manfaat polifenol ini juga bisa Anda peroleh pada teh hijau. Namun, untuk mengurangi risiko diabetes Anda tidak bisa hanya mengandalkan konsumsi teh saja. Anda pun perlu menjaga pola hidup sehat agar terhindar dari diabetes.
Konsumsi teh hitam adalah langkah sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi risiko diabetes. Namun, jika sesekali Anda ingin minum milk tea yang manis, tak masalah asalkan porsinya tidak terlalu berlebihan. Coba SariWangi Milk Tea Teh Tarik dan SariWangi Milk Tea Caramel jika ingin minum milk tea secara praktis. Selalu ingat untuk membatasi konsumsi makanan dan minuman manis, ya!

Sumber:
endocrineweb.com/news/diabetes/56850-black-tea-improves-glucose-levels-may-help-prevent-diabetes
webmd.com/diabetes/news/20050420/black-tea-green-tea-good-for-diabetes
express.co.uk/life-style/health/1075267/type-2-diabetes-diet-drink-black-tea-lower-blood-sugar
everydayhealth.com/type-2-diabetes/diet/drinking-tea-diabetes-prevention/
diabetes.co.uk/food/tea-and-diabetes.html

Diakses pada:
17 Desember 2019