Nikmat dan Segar dengan Kreasi Es Teh

Teh sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia. Minuman yang satu ini bisa dijumpai di warung kaki lima sampai dengan hotel bintang lima. Selain rasanya yang nikmat, teh juga dapat dikreasikan menjadi berbagai jenis minuman yang nikmat dan segar. Dewasa ini, kita bisa menemukan berbagai kreasi minuman teh unik yang menawarkan citarasa baru. Namun, pernahkah Anda bertanya-tanya mengenai sejarah perkembangan teh di Indonesia sampai akhirnya bisa menjadi minuman paling favorit di tanah air? Nah, agar tidak penasaran yuk, kenali sejarah perkembangan teh di Indonesia dan intip berbagai kreasi minuman teh unik yang bisa Anda coba di rumah.

Sejarah Perkembangan Teh di Indonesia

Sangat mudah menemukan minuman teh di Indonesia. Bahkan, kalau tak sempat menyeduh teh sendiri, kita bisa membeli teh di warung makan dengan harga yang sangat murah. Sebelum masuk ke Indonesia, teh merupakan minuman eksklusif di negeri tirai bambu. Di masa Dinasti Tang (618 – 970M), teh disajikan di Cina bukan sebagai minuman sehari-hari, melainkan sebagai minuman sejenis tonik yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan, pada masa itu teh disajikan dalam bentuk bubuk yang dipadatkan menjadi bongkahan. Pada masa Dinasti Tang inilah dibangun kedai dan toko teh pertama di dunia.

Cara penyajian teh di Cina terus berkembang dari masa ke masa. Di masa Dinasti Song, penyajian teh menggunakan mangkuk. Serbuk teh diseduh di dalam mangkuk dan dikocok seperti budaya minum teh hijau yang populer di Jepang saat ini. Sementara itu, ketika memasuki masa Dinasti Ming (1368 – 1644), teh mulai disajikan di dalam teko. Selain itu, teh juga dikemas dalam bentuk daun teh kering atau loose leaf. Penyebaran teh ke negara-negara lain dimulai pada Dinasti Qing (1644 – 1911), di mana saat itu Cina menjadi negara penghasil teh terbesar di dunia.

400 tahun berlalu, Jepang mulai memiliki pohon teh dan memproduksi teh sendiri. Seorang dari Jerman bernama Andreas Cleyer membawa bibit teh dari Jepang ke Indonesia. Namun, pada waktu itu teh tidak dibudidayakan seperti saat ini, melainkan hanya dijadikan sebagai tanaman hias belaka. Baru pada tahun 1826 bibit teh mulai ditanam di Kebun Raya Bogor. Keberhasilan dalam menanam teh tersebut membuat masyarakat Indonesia tertarik untuk mengembangkan perkebunan teh yang lebih besar.

Kenikmatan teh yang ditanam di Indonesia sudah terkenal sejak abad ke-19. Teh dari Indonesia dibawa ke Eropa dan disajikan untuk kaum kerajaan dan bangsawan di sana. Alhasil, dari situ lah masyarakat Indonesia juga mulai mengkonsumsi teh yang mereka tanam sendiri hingga akhirnya saat ini teh sudah menjadi minuman terfavorit kedua setelah air putih di Indonesia.

Jenis-jenis Teh Paling Populer

Kreasi minuman teh biasanya dibuat dari teh hitam. Sejatinya, teh tidak hanya terdiri dari satu atau dua jenis saja, tetapi ada beberapa jenis teh yang paling populer di dunia. Yuk, kenali jenis-jenis teh paling populer ini.

  • Teh Hitam

Daun teh yang biasa kita konsumsi sehari-hari ini merupakan jenis teh yang paling banyak melalui proses fermentasi. Teh hitam memiliki rasa yang nikmat dan tidak pahit. Kita bisa membuat beragam kreasi minuman teh hitam, baik itu minuman panas maupun dingin. Selain itu, teh hitam diketahui memiliki manfaat untuk meningkatkan fokus dan dapat menurunkan risiko kerusakan paru-paru akibat paparan asap rokok.

  • Teh Hijau

Yang satu ini adalah jenis teh yang sudah mulai digandrungi di Indonesia, yakni teh hijau. Tidak hanya bisa diminum langsung, Anda juga bisa membuat berbagai kreasi minuman teh hijau yang sesuai selera. Teh hijau sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia untuk menurunkan berat badan. Bahkan, teh hijau dikenal dapat menurunkan stres dengan memberikan efek oksidatif yang menenangkan pada otak.

  • Teh Putih

Berbeda dari teh hitam dan teh hijau yang pernah mengalami proses fermentasi, teh putih adalah jenis teh yang tidak mengalami fermentasi sama sekali. Jenis teh ini dipercaya dapat menjadi anti-kanker tersolid jika dibandingkan dengan jenis teh lainnya.

  • Teh Oolong

Meskipun tampilannya mirip dengan teh hitam, teh oolong memiliki rasa yang lebih kuat. Selain itu, teh oolong juga tidak dapat dikreasikan dengan bebas seperti teh hitam karena rasanya cenderung lebih pahit. Akan tetapi, teh oolong dikenal dapat menurunkan kolesterol dan membantu proses pembakaran lemak di dalam tubuh sehingga cocok dikonsumsi oleh orang-orang yang ingin menurunkan berat badan.

Manfaat Teh

Popularitas teh di masyarakat tentu tidak hanya kenikmatannya sebagai minuman, tetapi juga karena manfaatnya. Ada beragam manfaat teh bagi tubuh yang membuat banyak orang mengkonsumsi teh secara rutin karena beragam manfaatnya ini. Berikut beberapa diantaranya.

  • Meredakan Gangguan Pencernaan

Pernahkah Anda minum teh hangat ketika perut sedang terasa kembung? Bagaimana rasanya setelah minum teh? Ketika kembung, teh hangat diketahui membuat perut terasa lebih nyaman. Teh memang memberikan dampak positif untuk gangguan pencernaan. Tidak hanya sekedar kembung saja, teh juga dapat menjadi pereda diare.

  • Meringankan Asma

Teh dikenal dapat menjadi “obat” alami untuk meringankan asma. Secangkir teh yang diminum dalam keadaan hangat akan membantu melebarkan jalan nafas sehingga penderita asma bisa bernafas dengan lebih lega.

  • Meningkatkan Fokus

Teh juga diketahui termasuk minuman yang mengandung kafein, meskipun kandungan kafeinnya tidak setinggi kopi. Kafein di dalam teh dapat membuat kita menjadi lebih fokus dalam melakukan berbagai aktivitas. Itulah sebabnya dengan menikmati teh di pagi hari, Anda akan jadi lebih fokus dan bersemangat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

  • Menurunkan Stres

Pernahkah Anda merasa lebih lega setelah minum teh? Hal tersebut bukan merupakan suatu kebetulan. Teh dikenal memiliki manfaat untuk meringankan stres. Minuman ini dapat membuat pikiran menjadi lebih rileks. Teh juga terbukti dapat mengurangi kadar hormon stres kortisol bila Anda mengkonsumsinya dalam jumlah yang wajar.

  • Mencegah Dehidrasi

Teh diketahui merupakan minuman terbaik untuk mencegah dehidrasi. Minuman teh dapat membantu proses hidrasi tubuh dengan memenuhi kebutuhan cairan yang diperlukan tubuh. Jika tidak ada air putih, Anda dapat menggantinya dengan teh untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi.
Selain manfaat umum di atas, teh memang merupakan minuman fleksibel yang bisa dikonsumsi kapan pun. Saat musim hujan, kita dapat mengkonsumsi teh hangat untuk menghangatkan tubuh. Sebaliknya, ketika cuaca sedang panas, segelas teh yang dicampur dengan es batu juga terbukti dapat melegakan dahaga.

Inspirasi Kreasi Minuman Teh Segar dan Unik

Bosan minum teh yang biasa-biasa saja? Yuk, buat kreasi minuman teh unik dengan mengombinasikan teh hitam dengan bahan-bahan lainnya. Sebagai inspirasi, inilah beberapa resep minuman teh unik dan segar yang cara membuatnya sangat mudah dan praktis.

  • Honey Milk Tea

Suka minum teh yang dikombinasikan dengan susu? Jika ya, mengapa tidak coba mengkombinasikannya dengan madu? Perpaduan antara teh, madu, dan susu akan menciptakan rasa manis alami yang nagih banget. Untuk membuat honey milk tea ini jadi lebih segar, tambahkan beberapa potong es batu di dalamnya. Rasanya dijamin segar dan bisa menghilangkan haus.

  • Matcha Iced Tea

Saat ini, segala sesuatu yang berhubungan dengan matcha alias green tea pasti disukai. Bukan hanya minuman saja, dessert dan kue pun juga dikombinasikan dengan rasa matcha. Nah, jika Anda ingin membuat kreasi minuman teh yang berbeda dari yang lain, coba saja membuat matcha iced tea. Untuk membuat minuman yang satu ini, Anda memerlukan teh hijau dan bubuk matcha yang saat ini banyak dijual di pasaran. Kemudian, teh hijau dan bubuk matcha ini dicampur dengan susu dan es batu. Kalau ingin rasa yang lebih manis, Anda boleh mendapatkan gula cair secukupnya.

  • Orange Spiced Tea

Kombinasi antara teh hitam dan jeruk lemon mungkin sudah biasa. Namun, bagaimana jika kali ini kita mengkombinasikan teh dengan air jeruk peras yang segar? Orange spiced tea adalah kreasi minuman teh sederhana, tapi rasa dan aromanya sangat kuat. Untuk membuat minuman ini, Anda harus mengkombinasikan teh, air jeruk peras, dan gula. Pastikan jeruk yang Anda pakai memiliki rasa yang manis agar Anda tidak perlu banyak-banyak menambahkan gula. Perpaduan antara teh dengan jeruk ini cocok dinikmati dalam keadaan hangat maupun dingin.

  • Es Teh Mint Nanas

Nanas memiliki rasa manis yang unik. Rasa manis buah nanas ini bisa dimanfaatkan untuk membuat kreasi minuman teh yang unik. Buah nanas yang sudah dipotong dan direbus akan dihaluskan di dalam blender. Setelah itu, seduh teh dengan daun mint dan madu. Setelah selesai menyeduh teh, tuangkan jus nanas kedalam teh tersebut. Tambahkan es batu secukupnya agar es teh mint nanas terasa lebih segar.

  • Teh Jahe Daun Mint

Kreasi minuman teh tidak harus disajikan dalam keadaan dingin. Kalau sedang ingin minum yang hangat-hangat, buat saja teh jahe daun mint. Cara membuat minuman ini sangat mudah karena Anda hanya perlu merebus air jahe dan daun mint. Kemudian, gunakan air rebusannya untuk menyeduh teh celup. Untuk meningkatkan aromanya, tambahkan madu, lemon, dan gula secukupnya. Teh jahe daun mint dapat menghangatkan tubuh sekaligus melegakan tenggorokan.
Berbagai kreasi minuman teh ini bisa Anda coba di rumah. Bahan-bahan pembuatannya pun cukup mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Nah, dengan banyaknya pilihan kreasi minuman teh yang tersedia, maka tidak ada alasan untuk bosan menikmati teh setiap hari. Selalu ada cara yang unik untuk menikmati kesegaran teh berkualitas, bukan?

Sumber:
hipwee.com/tips/5-kreasi-minuman-teh-yang-menggoda-lidah-dan-bisa-kamu-buat-dengan-mudah/
yukepo.com/hiburan/tips/7-resep-minuman-dari-teh-yang-segernya-menggoda-iman-buat-siang-malam-cocok/
idntimes.com/food/recipe/tita/7-resep-es-teh-unik-segar-buat-buka-puasa-bulan-ramadan/full
bp-guide.id/AXBkdevT
cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180427063243-262-293991/5-rekomendasi-es-teh-unik-teh-biru-sampai-es-teh-hangat/2
hello-pet.com/resep-minuman-teh-2036786
vemale.com/resep-makanan/82237-resep-sehat-es-teh-dengan-jahe-dan-daun-mint.html
inspirasi.co/teknolife/37064_merasakan-kesegaran-dan-manfaat-kesehatan-dari-es-teh-jeruk-leci
hipwee.com/tips/6-resep-minuman-asyik-yang-bisa-kamu-racik-dengan-bahan-utama-teh-celup-saja/?ref=artikel_rekomendasi
lifestyle.bisnis.com/read/20140715/230/243211/sejarah-perkembangan-teh-yang-kini-mulai-berkembang-lagi
lifestyle.okezone.com/read/2018/01/19/298/1847603/intip-yuk-perkembangan-teh-dari-zaman-ke-zaman
meetdoctor.com/article/berbagai-jenis-teh-dan-manfaatnya-bagi-kesehatan
lifestyle.kompas.com/read/2014/02/04/0722101/Mengenal.7.Jenis.Teh.dan.Manfaatnya

Diakses pada: 8 Sep 2018