Teh Melati dengan Mint dan Lemon, Mood Booster yang Menyegarkan

Percayakah Anda minuman bisa menjadi mood booster untuk membuat hari lebih menyenangkan? Pada mulanya, Anda pasti tidak menyadari minuman dengan racikan tertentu bisa membuat suasana hati jadi lebih baik. Namun, tidak semua minuman bisa menjadi mood booster. Perhatikan juga bahan-bahan yang dipakai jika ingin membuat minuman yang bisa menyegarkan tenggorokan dan pikiran.
Mint sering dianggap tumbuhan yang bisa memberikan efek menenangkan pada pikiran. Hal tersebut dikarenakan mint memang mengandung pelemas otot yang bersifat seperti antispasmodik. Pelemas otot ini dapat memberikan efek yang menenangkan pada pikiran sekalipun saat ini Anda sedang stres terhadap suatu hal.
Kandungan mentol pada daun mint juga bisa memberikan efek yang bagus untuk pencernaan. Misalnya, ketika Anda mengalami sembelit atau mual karena mabuk di perjalanan, minuman teh melati dengan mint bisa membuat perut terasa jadi lebih nyaman. Namun, hindari penggunaan lemon dan es batu jika ingin mengonsumsi teh melati dengan mint untuk pencernaan. Minumlah dalam kondisi hangat untuk hasil yang lebih baik.
Kombinasi teh melati dengan mint dan lemon juga merupakan sumber antioksidan yang sangat baik. Mint memiliki sifat antibakteri yang ampuh untuk melawan bakteri penyebab penyakit. Teh juga mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan memperkuat sistem imunitas. Vitamin C pada lemon juga efektif untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Resep Teh Mint

Teh mint termasuk salah satu minuman yang bisa memperbaiki suasana hati dan pikiran. Namun, Anda bisa membuat teh mint ini jadi terasa lebih segar dengan menambahkan beberapa bahan tertentu. Yuk, buat teh melati dengan campuran mint dan lemon agar mood jadi lebih baik dan tenggorokan pun jadi lebih segar.

Bahan-bahan:

●    12 kantong SariWangi Teh Melati
●    ½ cangkir daun mint; usahakan masih ada batangnya
●    ½ cangkir air perasan lemon
●    4 gelas (800 ml) air untuk diseduh
●    5 sdm madu murni
●    4 gelas air dingin

Cara membuat:

1.    Rebus SariWangi Teh Melati dalam 4 gelas air hingga benar-benar mendidih. Setelah mendidih, masukkan beberapa lembar daun mint, lalu kecilkan api agar tidak layu.
2.    Angkat kantong teh dan pidahkan air seduhan teh ini ke dalam teko atau panci minuman.
3.    Tambahkan air perasan lemon dan madu, aduk sampai semua bahan tercampur rata.
4.    Jika rasanya terlalu asam, tambahkan air dingin atau bisa tambahkan beberapa sendok madu.
5.    Tambahkan es batu ke dalam gelas untuk menikmati Teh Melati Mint dan Lemon ini dalam kondisi dingin.
Aroma daun mint yang cukup kuat akan berpadu dengan sempurna bersama dengan teh melati. Selain itu, sedikit rasa asam pada lemon juga menawarkan sensasi segar saat meminumnya. Minuman yang bisa dibuat di rumah ini bisa membuat tubuh dan pikiran jadi lebih segar lagi.
Yuk, buat teh mint dengan mengombinasikan teh melati, daun mint, dan lemon. Anda yang sedang diet juga bisa mengonsumsi minuman ini. Hindari menambahkan pemanis di dalamnya agar tidak menjadi minuman yang tinggi kalori. Namun, kalau untuk diminum saat santai bersama keluarga dan Anda tidak sedang dalam kondisi diet, minuman ini juga enak ditambahkan madu atau sedikit gula, lho.

Sumber:
webmd.com/food-recipes/green-jasmine-mint-iced-tea-with-lemon
cookingchanneltv.com/recipes/ching-he-huang/jasmine-lemon-ice-tea-1961500
savorysweetlife.com/a-refreshing-zinger-iced-jasmine-mint-green-tea/
eatingwell.com/recipe/252432/green-jasmine-mint-iced-tea-with-lemon/

Diakses pada:
21 Desember 2019