Yuk, Buat Sendiri Minuman Taro Milk Tea yang Segar dan Nagih

Milk tea tersedia dalam berbagai rasa, salah satunya adalah taro. Bubble milk tea dengan rasa taro sejatinya sudah dijual sejak 1980-an di Taiwan. Namun, rasa ini baru populer pada 2000-an di Indonesia. Milk tea dengan rasa taro umumnya berwarna ungu. Nah, warna ungu tersebut bukan berasal dari pewarna makanan buatan, melainkan dari bahan baku pembuatan varian taro, yakni ubi ungu.
Ingin membuat taro milk tea sendiri? Bisa, kok. Anda bisa membuat taro milk tea yang tidak kalah enak dan segar dibanding yang dijual di gerai-gerai milk tea. Namun sebelumnya, kenali dulu beragam makanan lain yang juga menggunakan rasa taro.

Cita Rasa Taro/Talas di Berbagai Makanan dan Minuman

Taro memiliki warna khas, yakni ungu. Setiap makanan dan minuman yang berwarna ungu pasti identik dengan rasa taro. Bukan hanya dipakai sebagai rasa milk tea saja, taro juga sudah mulai dipakai untuk menambahkan rasa pada berbagai makanan dan minuman lainnya.
Penasaran dengan sejumlah makanan dan minuman yang menggunakan rasa taro? Yuk, simak beberapa contohnya di bawah ini.
●    Puding
Puding adalah salah satu makanan yang biasa disajikan sebagai hidangan penutup. Silky pudding adalah puding lembut yang mudah hancur ketika digigit. Nah, silky pudding ini umumnya diberi rasa taro. Ketika pudding dibuat biasanya akan ditambahkan perisa taro dalam bentuk sirup atau bubuk.
●    Brownies
Brownies merupakan makanan yang sangat familiar di Indonesia. Meski tidak tergolong sebagai kue tradisional, brownies sudah banyak dijual di negara kita. Selain mengandalkan rasa cokelat, brownies juga kerap kali menggunakan rasa taro. Bahkan, rasa taro tersebut diperoleh dari bahan baku berupa ubi ungu asli.
●    Es Krim
Taro juga kerap kali digunakan sebagai varian rasa es krim. Bagi yang belum pernah mencoba, tentu Anda akan sedikit penasaran membayangkan rasa ubi ungu pada sebuah es krim. Namun, setelah dicoba rasanya benar-benar enak, legit, dan tidak seperti ketika Anda memakan ubi ungu yang direbus atau digoreng.
●    Taro Latte
Taro tidak hanya cocok dipadukan dengan teh hitam saja, tetapi juga bisa dicampur dengan minuman kopi. Taro latte adalah perpaduan antara rasa taro dan kopi. Anda tetap bisa merasakan cita rasa kopi dalam minuman taro latte ini. Namun, tentu saja rasa kopinya tidak terlalu pekat karena sudah dikombinasikan dengan rasa taro.

Resep Taro Milk Tea

Tertarik untuk membuat taro milk tea di rumah? Mudah saja, lho. Anda bisa membuat minuman ini dengan resep taro milk tea ini.

Bahan-bahan:

●    1 buah ubi ungu
●    2 kantong SariWangi Teh Asli
●    ¼ cangkir susu kental manis
●    ½ cangkir susu cair (bisa susu sapi atau almond)
●    Baking soda secukupnya
●    Es Batu

Cara membuat:

●    Kupas ubi ungu dan potong dengan bentuk dadu. Rebus ubi ungu dalam air bersama baking soda. Angkat ubi ungu setelah lunak dan tiriskan.
●    Blender ubi ungu bersama susu kental manis, susu cair, dan es batu. Saring ke dalam gelas untuk memisahkan ampas ubi ungunya.
●    Seduh SariWangi Teh Asli dengan air panas. Kemudian, tuangkan air teh ke dalam taro yang sudah diblender bersama dengan bahan-bahan lainnya.
●    Setelah diaduk, sajikan taro milk tea ini bersama dengan tambahan topping bubble.
Nah, mudah kan membuat taro milk tea sendiri? Jika tidak ingin repot, beli saja perisa taro yang banyak dijual di pasaran. Campurkan perisa taro tadi dengan SariWangi Milk Tea Teh Tarik untuk membuat taro milk tea yang simple tapi enak.

Sumber:
livingfreshdaily.com/taro-bubble-milk-tea/
foodandwine.com/recipes/taro-bubble-tea
leaf.tv/articles/what-is-taro-bubble-tea/
fanaledrinks.com/blogs/blog/15451915-what-is-taro-and-what-makes-it-so-popular

Diakses pada:
7 November 2019