Resep Es Teh Hijau Matcha

Kuliner dengan rasa matcha memang sedang sangat digemari akhir-akhir ini. Mulai dari martabak, cake, sampai dengan cookies semuanya tersedia dalam rasa matcha. Namun, apa sih sebenarnya perbedaan dari matcha dan teh hijau? Pasalnya, banyak yang mengira bahwa matcha adalah nama lain dari teh hijau. Sebelum berbagi resep es teh matcha, kenali dulu perbedaan antara matcha dan teh hijau terlebih dahulu, yuk!
Apa Itu Matcha?
Baik matcha maupun teh hijau sama-sama berasal dari tanaman yang sama, yakni Camellia sinensis. Namun, cara pengolahan keduanya berbeda sehingga matcha tidak dapat disamakan dengan teh hijau. Proses pembuatan matcha memakan waktu yang cukup lama. Daun teh ditutup selama 20-30 hari sebelum dipanen sehingga warnanya jadi lebih gelap karena tidak terpapar sinar matahari secara langsung.
Setelah dipanen, daun teh akan melalui proses pengukusan selama 15-20 detik saja. Tujuan pengukusan ini untuk mencegah daun teroksidasi. Apabila sudah melewati proses pengukusan, daun teh yang akan diolah menjadi matcha akan melalui proses pendinginan dengan aliran udara ringan. Sebelum benar-benar kering, daun teh akan dipisahkan dari batangnya sehingga hanya menyisakan tencha, bagian daun yang tersisa untuk diolah menjadi matcha.
Langkah terakhir adalah penggilingan tencha agar teksturnya menjadi bubuk halus. Bubuk matcha yang sudah jadi akan dikemas dan dipasarkan agar bisa dikonsumsi oleh semua orang. Kesimpulannya, ketika Anda mengkonsumsi teh matcha, maka Anda meminum seluruh kandungan yang ada di dalam daun teh. Sementara itu, jika Anda menyeduh teh hijau, Anda tidak benar-benar mengkonsumsi daun tehnya secara keseluruhan.
Manfaat Teh Matcha
Dalam kehidupan sehari-hari matcha sudah dikreasikan untuk menjadi berbagai makanan dan minuman, seperti latte, frappe, es krim, cake, martabak, sampai dengan kue kering. Popularitas matcha memang sangat melonjak drastis beberapa tahun terakhir.
Di balik rasa dan aromanya yang khas, matcha dikenal memiliki sejumlah manfaat yang mungkin tidak Anda ketahui sebelumnya. Apa saja manfaat teh matcha?

  • Menurunkan Berat Badan

Jika teh hijau diketahui dapat menurunkan berat badan, matcha pun diklaim memiliki manfaat serupa. Matcha dapat meningkatkan pembakaran kalori tubuh, meskipun Anda juga harus mendorongnya dengan olahraga secara teratur. Konsumsi matcha tanpa pemanis tambahan dapat memperbanyak jumlah kalori yang dibakar di dalam tubuh.

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Baik matcha maupun teh hijau sama-sama merupakan minuman yang kaya antioksidan. Kandungan antioksidan yang tinggi tentu dapat menangkal radikal bebas dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Alhasil, tubuh jadi lebih sehat dan tidak mudah terinfeksi penyakit.

  • Membuat Suasana Hati Jadi Lebih Baik

Konsumsi matcha dikenal dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik. Anda akan merasakan efek relaksasi yang menenangkan setelah mengkonsumsi matcha. Manfaat matcha yang satu ini juga bisa Anda dapatkan ketika mengkonsumsi teh hija!

Bahan-bahan Resep Es Teh Hijau Matcha :

 
  • 2 sdm Bubuk Matcha

  • 1 kantong teh celup SariWangi Teh Hijau

  • 50 gram Gula Pasir

  • 120 ml Air

  • 1 liter Susu Sapi segar

  • Es Batu secukupnya

Cara Membuat Resep Es Teh Hijau Matcha :

 
  1. Seduh matcha dengan air panas sambil diaduk secara perlahan agar bubuknya tercampur sempurna, selain itu seduh juga 1 kantong teh celup SariWangi Teh Hijau dengan air panas.

  2. Panaskan susu sapi segar sampai mendidih, lalu kocok dengan whisk sampai berbuih.

  3. Campurkan es batu, susu, matcha, dan segelas SariWangi Teh Hijau yang sudah diseduh ke dalam blender.

  4. Blender semua bahan sampai tekstur es batunya hancur.

  5. Tuangkan es teh matcha latte ini ke dalam gelas saji.

Menikmati segelas sajian Es Teh Hijau Matcha akan memberikan Anda dan sekeluarga kesegaran dan manfaat maksimal dari teh hijau. Yuk, sajikan dan rasakan manfaat teh hijau dari matcha dan SariWangi Teh Hijau!

Sumber:

idntimes.com/food/dining-guide/reza-iqbal/resep-5-teh-kekinian-1/full
msn.com/id-id/kuliner/resep/resep-matcha-latte-jelly-float/ar-BBGaYlZ?li=AA4Zl6
idntimes.com/food/dining-guide/kartika-nindita/7-alasan-teh-matcha-bagus-untuk-kesehatan-1
hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/matcha-vs-teh-hijau-apa-bedanya

Diakses pada: 9 Sep 2018