Jangan Anggap Remeh, Ini Pertanda Kamu Butuh Me Time Sejenak

Me time? Mana Sempat!” Apakah itu yang terjadi selama ini? Menjadi ibu rumah tangga sekaligus wanita karir bukan hal yang mudah. Kamu harus memikirkan pekerjaan kantor, urusan anak, suami, sekaligus tanggung jawab bersih-bersih rumah secara bersamaan. Untuk sebagian wanita, kesibukan ini bisa menghasilkan burnout.
 
Buat kamu yang merasa terus-terusan capek, nggak mood kerja, dan mudah emosi,  adalah beberapa tanda kamu butuh me time. Tanda ini merupakan alarm tubuh yang mulai kelelahan, stres dan butuh me time. Yuk, kenali semua tandanya kamu butuh me time untuk beristirahat sejenak!
 

6 Tanda kamu butuh Me Time

 
Tinggalkan semua aktivitas harian yang menyita waktu, pikiran dan tenaga. Berhenti sejenak, kini saatnya kamu memberi waktu untuk diri sendiri, apalagi kalau kamu mengalami 6 tanda berikut:
 

  1. Badan selalu terasa capek

 
Pekerjaan rumah tangga memang seolah tidak ada habisnya. Dari mulai urusan dapur, bersih-bersih rumah, mengurus keperluan keluarga, belum lagi pekerjaan kantor. Rasanya 24 jam sehari tidak cukup. Hal ini membuat tubuh kelelahan terus menerus.
 
Pada malam hari, barulah terasa kaki pegal, pinggang sakit, kamu seperti kehabisan energi. Sebenarnya ini adalah sinyal tubuh yang mengatakan sedang jika ia butuh jeda atau sekadar istirahat yang cukup setiap hari.
 

  1. Mudah emosi

 
Apa akhir-akhir ini kamu merasa jadi cepat marah atau kesal? Bila biasanya kamu cukup toleransi, kini karena hal kecil saja kamu bisa tersulut dan marah. Atau tiba-tiba kamu merasa tak sanggup menyelesaikan pekerjaan. Selain itu, gampang menangis juga merupakan salah satu tanda kamu harus segera cari waktu untuk me time. Jangan ragu untuk segera membicarakan hal ini pada pasanganmu.
 

  1. Sering terbangun tengah malam atau susah tidur

 
Baru tidur 3 jam di malam hari lalu terbangun dan tak bisa tidur lagi, atau malah tidak bisa tidur semalaman dan baru mengantuk menjelang pagi. Gangguan tidur paling sering dialami ketika stres dan tubuh sudah sangat kelelahan. Ada juga yang mengalami sulit tidur karena terlalu banyak yang dijadikan bahan pikiran. Hal ini biasanya membuat kamu jadi gelisah dan kurang istirahat.  
 

  1. Sering terserang sakit


Kalau kamu akhir-akhir ini mudah sekali terserang flu, batuk, pusing, silih berganti, tandanya kamu butuh rehat sejenak. Saat tubuh lelah dan tak mendapat support sebagaimana mestinya, imunitas tubuh bisa menurun dan menyebabkan kamu mudah sekali sakit.
 

  1. Sulit berkonsentrasi

 
Lupa memasukkan garam ke dalam masakan, sering sekali ketinggalan dompet atau hal penting lainnya saat keluar rumah, hingga tidak bisa fokus dalam pekerjaan kantor. Itu adalah tanda-tanda kamu mengalami kesulitan berkonsentrasi. Penyebabnya bisa karena tidak cukup tidur, kurang nutrisi, kelelahan, gelisah, hingga stres berat.
 

  1. Berkurangnya kepedulian

 
Bila sudah di titik terjenuh, sangat mungkin seseorang menjadi seperti tak peduli lagi pada hal-hal yang membuatnya penat. Entah itu tidak peduli dengan urusan keluarga, pekerjaan, teman dan lainnya. Padahal selama ini, kamu adalah orang yang selalu memperhatikan kebutuhan orang lain.
 
Kalau kamu menyadari merasakani sindrom ini, jangan tunda-tunda lagi. Ambil waktu break dari pekerjaan kantor dan pekerjaan rumah untuk me time. Kamu sangat butuh waktu untuk memperhatikan dirimu sendiri.
 

Me time = recharge energi



Me time bukan berarti kamu tidak peduli dengan keluarga dan pekerjaanmu. Bukan berarti pula kamu tidak sayang dan terganggu dengan kehadiran anak-anak. Me time artinya kamu sedang membuat effort untuk me-recharge jiwa raga agar bisa kembali bekerja dengan lebih baik. Jangan anggap remeh bila kamu mengalami beberapa tanda-tanda di atas. Bila dibiarkan, hal tersebut menyebabkan masalah serius terhadap kesehatan mental dan fisikmu.
 
Yang harus kamu lakukan adalah membicarakannya dengan pasangan dan support system kamu. Agar pikiranmu juga tenang, kamu bisa mengatur lebih dulu urusan keluarga dan pekerjaan sebelum me time. Ungkapkan kebutuhan dan bantuan yang kamu perlukan dari para support system agar kamu acara me time kamu efektif. Setelah itu, aturlah waktu me time untuk pemulihan dirimu.
 
Carilah kegiatan yang kamu senangi dan membuat rileks. Rutinlah mengatur me time harian atau mingguan kamu. Seringkali, me time Ibu bukan hanya berlibur seminggu penuh. Tapi hal-hal sederhana yang dilakukan setiap hari tanpa gangguan pekerjaan atau rengekan buah hati.
 
Pertimbangkan untuk mengatur waktu rutin berolahraga setiap hari, mendengarkan musik, berkebun, membaca buku, hingga bertemu dengan sahabat. Jangan lupa untuk selalu menghadirkan teh  berkualitas [insert link here] SariWangi sebagai minuman yang memberi efek menenangkan hati dan memberi kehangatan pada tubuh. Momen menikmati me time dengan ngobrol seru dan akrab bersama sahabat tentu lebih seru kalau dilakukan sambil berkreasi dengan resep-resep istimewa dan mudah dari SariWangi.
 

Manfaat teh saat me time

 


 
Memang tidak enak rasanya saat tubuh terlalu lelah ditambah beban pikiran terus bertambah. Untuk bikin lebih rileks, cara mudah dan cepatnya adalah minum segelas teh hangat [insert link here] SariWangi. Sebab, teh kaya antioksidan yang menangkal radikal bebas dan menjaga kesehatanmu.
 
Tak hanya itu, saat sedang stres seringkali makan jadi sembarangan dan tak terkontrol. Teh hitam mampu mengontrol LDL atau kolestrol jahat dalam tubuh dan mengontrol tekanan darah. Bahkan dalam sebuah penelitian menunjukkan mengonsumsi teh hitam sebanyak satu cangkir per hari mampu mengurangi 11% resiko masalah jantung (1).
 
Dengan segudang manfaat teh, jangan lupa untuk menyeduh teh [insert link here] SariWangi favorit saat me time untuk membuat tubuhmu lebih rileks dan perasaan yang lebih tenang.
 
Referensi:
Auntum Enloe, MS, RD, LD (2018). 10 Evidence-Based Health Benefits of Black Tea. Diambil dari: https://www.healthline.com/nutrition/black-tea-benefits#TOC_TITLE_HDR_8 [Diakses 10 Desember 2020]