Jangan Keburu Dibuang, Ini 5 Manfaat Ampas Teh untuk Wajah

Manfaat teh untuk kesehatan tubuh bukanlah rahasia lagi. Namun, tahukah Anda bahwa ampas teh juga bermanfaat untuk kecantikan, khususnya dalam hal merawat kulit wajah?
Ya, mulai sekarang jangan keburu membuang ampas teh hitam yang sudah diseduh. Manfaatkan ampas teh tersebut sebagai masker untuk kulit wajah agar Anda bisa memperoleh berbagai manfaat berikut ini.

1. Menyamarkan Kantung Mata

Kantung hitam di bawah mata atau “mata panda” muncul karena berbagai hal, mulai dari mata lelah sampai kurang tidur. Keberadaan kantung hitam di bawah mata jelas sangat mengganggu penampilan. Wajah jadi terlihat lesu dan kehilangan kesegarannya karena adanya kantung mata ini.
Selain menggunakan eye cream, Anda bisa menghilangkan kantung hitam di bawah mata dengan ampas teh. Kandungan antioksidan dan sifat anti-iritasi pada teh hitam mampu mengurangi pembengkakan di bagian bawah mata.
Cara menyamarkan kantung mata dengan ampas teh adalah dengan menyediakan dua kantung teh celup bekas pakai yang dimasukkan ke dalam air dingin selama beberapa saat. Setelah itu, gunakan kantung teh tadi untuk mengompres bagian bawah mata sampai Anda merasa rileks.

2. Membantu Eksfoliasi Secara Alami

Pengelupasan atau eksfoliasi adalah salah satu metode untuk mengangkat sel kulit mati saat membersihkan kulit wajah sehingga terlihat lebih cerah. Ampas teh dengan tekstur yang kasar bisa menjadi eksfoliator alami untuk mengelupas sel-sel kulit mati.
Keluarkan ampas teh dari kantung teh celup yang sudah dipakai, lalu balurkan ke seluruh permukaan kulit wajah. Ratakan ampas teh sembari memberi pijatan ringan pada kulit. Diamkan ampas teh selama 5-10 menit, lalu bilas kulit wajah dengan air bersih.

3. Menghilangkan Jerawat

Sudah mencoba berbagai produk skin care tapi jerawat tak kunjung hilang? Saatnya mencoba bahan alami untuk menghilangkan jerawat, yaitu ampas teh. EGCG yang terdapat dalam teh memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan antimikroba sehingga bisa menghilangkan jerawat secara bertahap.
Cukup oleskan ampas teh di bagian kulit yang berjerawat, lalu diamkan selama kurang lebih satu jam, dan bilas dengan air bersih. Lakukan treatment sederhana ini setiap hari sampai jerawat benar-benar hilang.

4. Mencegah Penuaan Dini

Siapa pun pasti mendambakan kulit kencang dan awet muda. Berbagai produk skin care dengan manfaat anti-aging bisa membantu Anda memiliki kulit yang awet muda. Jika ada bahan alami yang lebih murah, kenapa harus membuang banyak uang untuk membeli skin care yang mahal?
Ampas teh adalah bahan alami yang efektif mencegah penuaan dini. Anda hanya perlu menggunakan ampas teh ini sebagai masker wajah setiap hari. Cukup biarkan ampas teh mengering pada kulit wajah, lalu bilas sampai bersih. Jika Anda melakukan perawatan ini setiap hari, kulit jadi lebih kencang dan bebas kerutan halus. Kandungan antioksidan pada teh akan memperbaiki jaringan dan elastisitas kulit.

5. Mengurangi Minyak Berlebih di Wajah

Kulit berminyak akan menimbulkan kesan kilap pada wajah. Akibatnya, wajah selalu terlihat kusam dan riasan wajah mudah luntur. Untuk mengontrol produksi minyak, gunakan ampas teh sebagai masker wajah.
Kandungan senyawa polisakarida yang terdapat dalam teh bekerja dengan mengatur keseimbangan kadar gula yang memengaruhi produksi kelenjar sebum, yang berfungsi memproduksi minyak pada wajah.
Mulai sekarang, manfaatkan ampas teh sebagai bahan alami untuk merawat kecantikan kulit wajah Anda. Selain murah meriah, penggunaan ampas teh pada kulit juga sangat minim efek samping sehingga lebih aman dan nyaman. Setelah menyeduh SariWangi Teh Asli, sisihkan ampas tehnya untuk dipakai sebagai bahan alami untuk merawat kulit wajah, ya!

Sumber:
timesofindia.indiatimes.com/life-style/beauty/Beauty-benefits-of-green-tea-bags/articleshow/36551892.cms
hellosehat.com/hidup-sehat/kecantikan/memanfaatkan-ampas-teh-kecantikan/
fimela.com/beauty-health/read/3772603/jangan-dibuang-ampas-teh-ternyata-bermanfaat-untuk-kecantikan-kulit
hot.liputan6.com/read/4036938/jangan-dibuang-ini-6-manfaat-ampas-teh-untuk-kecantikan

Diakses pada:
2 November 2019