Menjadi Orang Tua yang Tidak Pilih Kasih

Mendidik anak memang bukan hal yang mudah. Namun, sesulit apa pun itu, Anda sebagai orangtua diharuskan untuk mampu melakukannya. Akan ada saat dimana anak-anak mulai berkelahi dengan adik atau kakaknya, saling ejek, atau merasa tidak diperlakukan dengan adil. Padahal, setiap anak memiliki keistimewaan masing-masing berdasarkan umur dan juga bakatnya. Untuk mengatasi hal ini, Anda memerlukan kesabaran dan usaha ekstra, untuk meyakinkan setiap anak bahwa mereka spesial di mata orang tuanya. Hal ini tentunya penting demi terciptanya keluarga bahagia.

 
 

Apabila anak Anda masih mengeluh tentang perlakuan yang tidak adil baginya, berikut ini ada sejumlah cara yang bisa Anda lakukan, berdasarkan nasihat Daniel Lagacé-Séguin, professor psikologi di Universitas Mount Saint Vincent, Halifax.

Anak Usia 3-6 tahun

Anak-anak dalam rentang usia 3-6 tahun biasanya ‘tidak sabaran’. Menurut Daniel, anak berusia enam hingga sepuluh tahun sangat fokus pada peraturan. Hal ini membantu mereka memahami lingkungan sekitar, namun juga menimbulkan banyak hal yang dianggap ‘tidak adil’ bagi mereka. Daniel menyarankan agar Anda memberikan penjelasan mengapa demikian, seperti “Kamu memerlukan waktu tidur yang lebih banyak daripada kakakmu, makanya kamu harus tidur lebih awal,” dan sebagainya.

 Anak Usia 7-9 tahun

Pada tahap ini, Daniel menganggap seorang anak telah mengerti bagaimana berperilaku sesuai yang diinginkan orang lain. Kemampuan ‘mampu memendam perasaan’ ini bisa menjadi bom waktu yang sewaktu-waktu bisa keluar. Yang harus Anda lakukan adalah mendengarkan curahan hati mereka dan katakan bahwa hidup tak selamanya adil, bahkan untuk orang dewasa seperti orang tua.

Remaja

Menghadapi remaja bisa sedikit membuat Anda mendidih. Namun, hal terbaik yang bisa Anda lakukan terhadap mereka adalah menjelaskan kekhawatiran Anda, jika ia melakukan sesuatu yang menurut Anda akan membawa masalah. Duduk bersama si anak dan cobalah mencari jalan keluar terbaik. Berikan semacam kebebasan bagi anak remaja Anda sambil memenuhi fungsi Anda untuk melindungi mereka.

Dari kumpulan tips di atas, dapat dilihat bahwa mendengarkan keluh kesah mereka sembari memberi alasan kuat dibalik perlakuan berbeda untuk setiap anak mampu mengatasi perasaan ‘iri dan tidak adil’ antara anak yang satu dengan yang lainnya. Semoga membantu!

 

Sources:  

  • todaysparent.com/kids/school-age/thats-not-fair/

  • parents.com/kids/development/behavioral/its-not-fair-complaints/