Mewarnai Kehidupan Pernikahan dengan Persahabatan

Saat mendengar kata “persahabatan”, mungkin yang terlintas di pikiran Anda adalah sebuah jalinan akrab antar teman atau sahabat. Padahal, kata tersebut juga berlaku dalam kehidupan pernikahan.


Suami atau istri Anda bukan hanya sekadar pasangan hidup, tetapi juga bisa menjadi sahabat terbaik yang Anda dimiliki. Persahabatan dalam kehidupan berkeluarga adalah salah satu kunci membina pernikahan yang luar biasa. Hal ini dikarenakan suami dan istri tak ragu-ragu untuk saling berbagi tentang pengalaman maupun hal-hal yang pernah dialami. Contoh sederhananya adalah saat Anda berbagi tentang jenis musik favorit bersama pasangan. Contoh lainnya adalah Anda dan pasangan dapat berbagi tentang cita-cita atau impian hidup masing-masing. Berbagi mulai dari hal kecil hingga besar adalah langkah termudah namun efektif untuk menjalin persahabatan dengan pasangan hidup Anda. Semakin banyak hal-hal yang diketahui dari pasangan hidup Anda, maka jalinan persahabatan pun semakin erat layaknya dua orang sahabat.
 
Banyak orang yang mengatakan bahwa tak ada yang sempurna di dunia ini. Hal ini bisa berlaku juga pada pernikahan Anda, misalnya saat menghadapi perbedaan pendapat. Namun, hal ini bukanlah hal yang mustahil untuk diperbaiki. Menurut sebuah penelitian, saat ada satu masalah yang melanda hubungan pernikahan, dianjurkan untuk memperbaikinya dengan memberikan 8 hingga 20 interaksi positif. Anda dapat memuji kelebihannya atau kebaikannya dalam melakukan sesuatu. Bahkan, Anda pun dapat menuliskan ucapan terima kasih atas pengertian pasangan pada secarik kertas yang disematkan di dalam dompet atau tas kerjanya. Agar persahabatan semakin erat terjalin, ada baiknya untuk menyempatkan waktu berdua keluar rumah misalnya dengan makan malam. Dalam momen ini, suami dan istri dapat saling bertukar hadiah walaupun bukan di hari ulang tahun. Selain itu, tunjukkan pula melalui kata-kata secara langsung bahwa betapa bersyukurnya Anda memiliki pasangan seperti suami atau istri Anda.
 
Mewarnai pernikahan Anda dengan persahabatan dan sikap saling berbagi dapat meningkatkan ikatan batin satu sama lain. Jadikan ia orang yang paling Anda percaya, baik saat senang maupun sedih. Keakraban suami istri juga tentu akan membuat anak-anak Anda bahagia sehingga kehidupan pernikahan Anda akan semakin terasa indah setiap harinya. Mari jalin persahabatan bersama pasangan hidup mulai detik ini juga.
 
Sumber:
http://foreverfamilies.byu.edu/Article.aspx?a=58
http://www.jfoutreach.org/archives/archives/friendshipinmarriage.pdf