Nikmati Secangkir Teh Kayu Manis Segar yang Menggugah Selera

Sudah pernah mencoba chai tea atau masala chai dari India? Minuman teh tersebut juga populer di negara-negara lain, lho. Chai tea menggunakan rempah-rempah yang membuat rasa dan aromanya semakin kuat. Nah, salah satu rempah yang digunakan untuk membuat chai tea adalah kayu manis. Minuman yang dicampur dengan kayu manis pasti akan memiliki cita rasa yang berbeda dan terasa lebih segar. Yuk, coba membuat teh kayu manis sendiri!

Kebaikan Teh Kayu Manis

Teh kayu manis merupakan minuman yang bisa disajikan saat cuaca dingin atau saat sedang bersantai dengan keluarga. Rasanya yang segar dan nikmat pasti akan disukai semua anggota keluarga, mulai dari anak-anak sampai orang tua.
Di balik rasa yang segar dan aroma yang nikmat, ternyata teh kayu manis menyimpan sejumlah manfaat untuk kesehatan, lho. Yuk, intip sejumlah manfaat yang bisa Anda peroleh dari konsumsi teh kayu manis:

1.    Menurunkan Berat Badan

Walaupun bernama “kayu manis”, tumbuhan yang satu ini tidak memberikan asupan kalori pada tubuh. Konsumsi teh kayu manis justru akan sangat membantu Anda dalam usaha menurunkan berat badan. Menurut sejumlah penelitian yang telah dilakukan, kayu manis dapat menurunkan lemak hingga 0,7 persen dari total berat badan dan meningkatkan massa otot sebanyak 1,1 persen.

2.    Sumber Antioksidan yang Baik

Antioksidan diperlukan tubuh untuk memperkuat daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Di samping itu, antioksidan juga bertugas melawan pertumbuhan sel-sel abnormal di dalam tubuh. Nah, teh kayu manis adalah sumber antioksidan terbaik. Semakin banyak Anda mengonsumsi jenis teh ini, semakin banyak pula asupan antioksidan yang masuk ke dalam tubuh.

3.    Menurunkan Kadar Gula Darah

Satu lagi manfaat teh kayu manis yang jarang diketahui konsumennya, yakni untuk menurunkan gula darah. Rempah yang satu ini memiliki efek yang sama seperti insulin, hormon yang berperan mengatur gula darah dan jaringan tubuh.
Senyawa yang terdapat dalam kayu manis bisa menurunkan gula darah dengan mengurangi resistensi insulin. Bahkan, minum teh kayu manis akan menghambat pemecahan karbohidrat dalam usus sehingga kadar gula darah tidak meningkat setelah makan.
Resep Teh Kayu Manis
Membuat teh kayu manis ternyata sangat mudah, lho. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun bisa ditemukan dengan mudah di kehidupan sehari-hari. Agar Anda tak penasaran dengan cara membuat teh kayu manis yang nikmat, simak resepnya di bawah ini.

Bahan-bahan:

●    1 batang kayu manis
●    250 ml air panas
●    1 kantong SariWangi Teh Hijau
●    Madu sebagai pemanis (opsional)

Cara membuat:

1.    Didihkan 250 ml air bersama dengan 1 batang kayu manis. Tutup pancinya selama 10 menit.
2.    Setelah mendidih, kecilkan api dan celupkan SariWangi Teh Hijau ke dalamnya.
3.    Angkat kantung teh dan tuang air seduhan teh dan kayu manis ke dalam cangkir saji.
4.    Tambahkan madu secukupnya jika Anda menginginkan cita rasa teh kayu manis yang lebih legit.
Yuk, minum teh kayu manis yang segar dan nikmat ini saat bersantai bersama keluarga. Minuman nikmat ini akan membawa kehangatan pada tubuh dan suasana kumpul keluarga.
Untuk membuat teh kayu manis yang nikmat, gunakan SariWangi Teh Hijau sebagai campuran tehnya. Kalau Anda lebih menyukai teh kayu manis yang memakai teh hitam, tinggal ganti saja dengan SariWangi Teh Asli. Kedua produk teh ini akan membuat sajian teh kayu manis Anda jadi lebih praktis dan nikmat.

Sumber:
verywellfit.com/cinnamon-tea-recipe-89014
healthline.com/nutrition/cinnamon-tea-benefits
cupandleaf.com/blog/cinnamon-tea
carolinescooking.com/sujeonggwa-korean-cinnamon-tea/

Diakses pada:
20 Desember 2019