Resep Teh Hijau Madu yang Segar dan Kaya Manfaat Sehat

Teh hijau kok, pakai madu? Bukankah sebaiknya teh hijau dikonsumsi tanpa menambahkan pemanis? Ya, memang benar teh hijau sebaiknya diminum tanpa menambahkan pemanis apa pun. Namun, jika pemanis yang dimaksud adalah madu murni tentu tidak akan mengurangi khasiat teh hijau tersebut. Bahkan, dengan mengombinasikan teh hijau dengan madu, Anda bisa memperoleh manfaat yang lebih banyak, lho.
Mencampur madu ke dalam teh hijau adalah cara terbaik untuk menikmati secangkir teh. Bukan hanya sebagai perasa, madu yang dipakai untuk teh hijau dapat memberikan berbagai manfaat sehat. Yuk, cari tahu jenis madu terbaik untuk ditambahkan ke dalam teh hijau beserta panduan untuk membuat minuman segar tersebut!

Jenis Madu untuk Teh Hijau

Ada banyak jenis madu yang dijual di pasaran. Namun, tidak semua madu memiliki kualitas yang baik dan cocok ditambahkan ke dalam teh hijau. Berikut adalah jenis-jenis madu yang paling cocok dikombinasikan dengan teh hijau:

1.    Madu Manuka

Madu ini dihasilkan lebah yang mengambil sari bunga manuka. Jenis lebah penghasil madu manuka biasanya hidup di sebagian wilayah hutan subtropis Selandia Baru. Madu manuka memiliki tipikal rasa yang tidak manis tapi juga tidak terlalu pahit. Jenis madu seperti inilah yang cocok dicampur dengan teh hijau.
Sejumlah manfaat yang ditawarkan madu manuka adalah mampu meredakan masalah asam lambung. Kandungan antibiotik di dalamnya dan memperbaiki kerusakan gigi karena mengandung zinc, kalsium, dan fosfor.

2.    Madu Akasia

Jenis madu ini juga tak kalah populer dengan madu manuka. Madu ini memiliki rasa ringan dan tidak terlalu manis. Bahkan, jika dirasakan sungguh-sungguh, ada rasa vanila yang terdapat pada madu ini. Tak heran jika madu akasia ini termasuk jenis madu terbaik untuk dicampur ke dalam teh hijau.
Madu akasia menawarkan sejumlah manfaat, antara lain mencegah penyakit kanker. Kandungan antioksidan di dalamnya dan mencegah infeksi bakteri dari dalam berkat sifat antibakterinya.
Apakah teh hijau tidak boleh dicampur jenis madu lainnya selain dua jenis madu ini? Tentu saja boleh. Anda bisa menggunakan jenis madu lain untuk dikombinasikan dengan teh hijau. Hanya saja, jika Anda ingin memperoleh khasiat lebih banyak dalam teh hijau madu, Anda harus memilih jenis madu terbaik sebagai komposisinya.

Resep Teh Hijau Madu

Ingin membuat secangkir teh hijau madu segar dan berkhasiat? Bahan dan caranya sangat mudah, lho. Yuk, kumpulkan bahan-bahan berikut ini dan ikuti panduan membuat teh hijau madu di bawah ini.
Bahan-bahan:
●    1 gelas air (200 ml)
●    1 kantong SariWangi Teh Hijau
●    1 sdt madu manuka (boleh diganti jenis madu lain)
●    1 potong tipis buah lemon
Cara membuat:
●    Seduh SariWangi Teh Hijau di dalam air mendidih.
●    Masukkan potongan buah lemon ke dalamnya, lalu tekan dengan sendok agar air lemonnya keluar dan menyatu dengan teh hijau.
●    Tambahkan madu ke dalam teh hijau, lalu aduk sampai merata.
●    Sisihkan kantong teh dan potongan buah lemon, minumlah teh hijau madu ini selagi hangat.
Resep teh hijau madu ini sangat mudah dibuat. Sedikit air lemon yang dicampur ke dalamnya juga akan menambah rasa dan aroma minuman ini. Yuk, coba sekarang.

Sumber:
doktersehat.com/madu-akasia-pelembap-alami/
eatingwell.com/recipe/266309/warm-honey-green-tea/
healthline.com/nutrition/top-10-evidence-based-health-benefits-of-green-tea
hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/8-manfaat-madu-manuka/
livestrong.com/article/252999-benefits-of-green-tea-honey/
stylesatlife.com/articles/benefits-of-green-tea-with-honey/

Diakses pada:
26 September 2019