Sajikan Wedang Teh Bajigur untuk Hangatkan Tubuh dan Suasana

Musim hujan membawa hawa dingin yang lebih kuat di malam hari. Nah, pada saat kumpul bersama keluarga di malam hari, menikmati secangkir teh jahe atau minuman hangat lainnya bisa membuat tubuh dan suasana jadi lebih hangat, lho. Kehangatan tersebut bahkan akan merambat hingga ke obrolan santai bersama keluarga.
Bosan menikmati teh jahe yang biasa-biasa saja? Cobalah untuk membuat wedang teh bajigur. Minuman ini memadukan cita rasa teh yang nikmat dengan rempah-rempah lainnya yang biasa dipakai untuk membuat bajigur. Uniknya, di bajigur ini terdapat rasa dan aroma jahe yang tidak terlalu pekat karena tercampur dengan rempah-rempah lainnya. Anda yang tidak begitu suka jahe tetap bisa menikmati minuman hangat yang istimewa ini, kok.

Resep Wedang Teh Bajigur

Ingin tahu resep wedang teh bajigur yang nikmat dan mudah sekali dibuat? Yuk, langsung cari tahu bahan-bahan dan cara membuatnya di sini.
Bahan-bahan:
●    4 kantong teh celup (bisa pakai SariWangi Teh Asli maupun SariWangi Teh Hijau)
●    350 ml air
●    200 gram gula jawa
●    50 gram gula pasir
●    Garam secukupnya
●    2 lembar daun pandan
●    1 ruas jahe (memarkan)
●    400 ml santan kental yang diperas langsung dari buahnya
●    150 gram kolang-kaling (belah dua)

Cara membuat:

1.    Seduh semua kantong teh celup dalam air mendidih hingga air seduhan teh warnanya sangat pekat dan aromanya kuat.
2.    Masukkan jahe, gula jawa, gula pasir, garam, dan daun pandan ke dalam. Kembali panaskan di atas kompor dengan api kecil untuk memasak bahan-bahan tersebut.
3.    Tambahkan santan dan kolang-kaling ke dalam rebusan. Masak sampai semua bahan matang; matikan api.
4.    Tuang wedang teh bajigur ke dalam kelas saji. Taburi dengan potongan roti tawar untuk mempercantik sekaligus membuat rasanya lebih mantap.
Bagi Anda yang suka dengan cita rasa jahe yang tidak terlalu kuat, bajigur bisa menjadi salah satu minuman pilihan untuk dinikmati saat cuaca dingin. Apalagi, minuman teh jahe memang terbukti dapat menghangatkan tubuh.
Lebih dari sekadar minuman penghangat tubuh, ternyata teh jahe menawarkan khasiat lebih besar. Jahe terbukti ampuh mempengaruhi keseimbangan mikrobiota pada saluran cerna sehingga dapat mencegah peradangan dinding usus serta melancarkan metabolisme.
Penggunaan daun pandan sebagai bahan pembuatan wedang teh bajigur juga dapat menambah nafsu makan. Pandan mengandung tonikum yang bisa merangsang nafsu makan sekaligus memelihara kesehatan lambung.
Gula jawa alias gula aren yang dipakai sebagai pemanis minuman ini turut memberikan manfaat tak terduga, lho. Di dalam gula jawa terdapat niacin yang ternyata efektif menstabilkan kadar kolesterol dalam darah.
Untuk membuat wedang teh bajigur, Anda bebas memilih teh hitam atau teh hijau sebagai salah satu bahan utamanya. Jika ingin menggunakan teh hitam Anda bisa memilih SariWangi Teh Asli, tetapi apabila Anda lebih menyukai teh hijau silakan pilih SariWangi Teh Hijau.
Membuat bajigur sendiri di rumah adalah cara terbaik untuk menyajikan kehangatan di tengah-tengah keluarga. Apalagi bahan-bahan pembuatan minuman teh jahe bajigur ini sangat mudah didapat. Yuk, segera sajikan kehangatan untuk keluarga dengan secangkir wedang teh bajigur buatan sendiri!

Sumber:
sains.kompas.com/read/2019/07/10/124253123/studi-ungkap-manfaat-baru-wedang-jahe-bandrek-dan-sebangsanya-bagi-tubuh
tehsariwangi.com/resep/wedang-teh
tabloidbintang.com/resep/minuman/read/449/resep-wedang-teh-bajigur
idntimes.com/food/dining-guide/rahmadila-eka-putri/8-varian-wedang-jahe-khas-indonesia-pas-banget-di-musim-hujan-c1c2/full

Diakses pada:
20 Desember 2019