Teh Manis atau Soda?

Teh manis dan soda merupakan minuman yang cukup diminati oleh sebagian besar orang. Pasalnya, kedua jenis minuman tersebut mudah ditemukan dimana saja, mulai dari warung kaki lima hingga restoran bintang lima. Harga kedua jenis minuman manis ini juga terbilang murah. Selain itu, rasanya juga sudah akrab dengan lidah masyarakat Indonesia. Namun, di antara teh manis dan soda, manakah yang lebih baik dan bermanfaat?


Baik teh manis dan minuman bersoda mengandung kalori di dalamnya. Namun, perbedaannya terletak pada jumlah kalori yang terkandung pada masing-masing jenis minuman tersebut. Dalam satu porsi minuman bersoda mengandung 152 kalori dan 40 gram gula. Jumlah ini setara dengan 10 sendok teh gula. Sedangkan untuk menikmati secangkir teh dengan rasa yang cukup manis, Anda hanya perlu menambahkan 3-4 sendok teh gula. Jumlah kalori dan gula dalam minuman teh kemasan yang siap minum masih lebih sendikit dibanding jumlah kalori dan gula dalam minuman bersoda, yakni 90 kalori dan 23 gram gula.

Teh tawar tanpa gula mengandung nol kalori. Oleh karena itu, teh tawar seringkali dikonsumsi oleh sebagian orang yang sedang menjalani diet rendah kalori. Namun, tak ada salahnya jika sesekali Anda menikmati teh manis. Manfaat teh manis tentu memenuhi kebutuhan kalori tubuh, karena mengandung gula. Selain itu, manfaat teh manis lebih baik karena di dalamnya mengandung senyawa bermanfaat, seperti katekin dan flavonoid. Flavonoid dapat berperan sebagai antioksidan bagi tubuh. Berbeda dengan minuman bersoda yang sangat berkontribusi untuk memicu obesitas karena terlalu banyak mengandung gula yang dapat meningkatkan berat badan Anda.

Meminum teh manis juga merupakan salah satu cara terbaik untuk membuat tubuh Anda tetap segar dan terhindar dari dehidrasi. Karena teh merupakan cairan yang sangat baik untuk membantu proses hidrasi dalam tubuh. Jadi, manfaat teh manis memang jauh lebih banyak dibanding minuman bersoda. Mengonsumsi teh manis tentu lebih baik dibanding minuman bersoda. Untuk memperoleh lebih banyak manfaat dari teh, cobalah untuk tidak menambahkan gula atau susu pada teh yang hendak dinikmati. Hal tersebut baik untuk membantu Anda dalam memanajemen berat badan. Namun, bukan berarti Anda dilarang untuk menambahkan gula pada teh. Tentu boleh saja jika Anda ingin menikmati teh manis. Tambahkan gula dalam takaran yang cukup untuk memperoleh manfaat minuman ini.


Sources: 
World of Tea (low res).pdf
Tea - Brosur prev7 (dalam).jpg
healthyeating.sfgate.com/nutrition-southern-sweet-tea-2784.html
livestrong.com/article/536030-sweet-tea-vs-soda-pop/