Yuk, Turunkan Kolesterol dengan Rutin Minum Teh Hitam

Teh hitam sudah menjadi minuman yang akrab dikonsumsi sehari-hari oleh masyarakat Indonesia. Namun, siapa sangka di balik rasa dan aromanya yang nikmat ternyata teh hitam bisa menjadi salah satu cara menurunkan kolesterol yang cukup ampuh? Nah, penasaran dengan kandungan di dalam teh hitam yang bisa menurunkan kolesterol? Yuk, langsung saja simak pembahasannya di sini!

Teh Hitam dapat Menurunkan Kolesterol

Sebagai minuman yang sangat populer di dunia, teh hitam ternyata menawarkan beragam manfaat untuk kesehatan, salah satunya untuk menurunkan kolesterol. Kandungan katekin yang terdapat dalam teh hitam lah yang berfungsi untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL).
Perlu Anda ketahui bahwa di dalam teh terdapat polifenol, antioksidan yang di dalamnya masih terdapat kandungan katekin. Asupan katekin inilah yang membuat teh hitam menjadi minuman yang efektif menurunkan kolesterol.
Sebuah studi pernah mengadakan penelitian pada pria dan wanita dengan memberikan mereka 375mg katekin. Tak tanggung-tanggung, para peserta penelitian ini memiliki kolesterol tinggi dan dalam diet rendah lemak.
Hasil dari penelitian ini cukup mengejutkan. Katekin di dalam teh ini mampu menurunkan kolesterol total 11,3 persen, kolesterol jahat (LDL) 16,4 persen, dan trigliserida 3,5 persen. Katekin juga bekerja meningkatkan kolesterol baik (HDL) 2,3 persen.

Berapa Porsi Teh Hitam untuk Menurunkan Kolesterol?

Cara menurunkan kolesterol dengan mengonsumsi teh hitam ini bisa Anda contoh. Namun, untuk menurunkan 11,3 persen kolesterol, Anda harus menyesuaikan porsi teh yang dikonsumsi.
Jadi, porsi teh hitam yang harus dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol sebanyak 5 cangkir setiap hari. Namun, Anda tak perlu mengikuti porsi tersebut. Minum saja 2-3 cangkir teh hitam setiap hari. Lakukan berbagai usaha lainnya untuk menurunkan kolesterol secara alami.
Selain teh hitam, teh hijau juga memberikan efek menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Kalau tidak sedang ingin mengonsumsi teh hitam, Anda bisa menggantinya dengan teh hijau.

Cara Alami Menurunkan Kolesterol

Teh hitam bisa menjadi alternatif yang baik untuk menurunkan kolesterol. Namun, perlu Anda ingat bahwa usaha menurunkan kolesterol ini tidak bisa hanya dengan mengandalkan teh hitam. Lakukan beberapa cara menurunkan kolesterol lainnya supaya Anda memperoleh hasil optimal.
1.    Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah
Selain minum teh hitam, konsumsi sayur dan buah juga sangat penting bagi Anda yang ingin menurunkan kolesterol. Serat yang terdapat pada sayur dan buah mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL). Mulailah membiasakan diri makan buah dan sayur sebanyak 500gram sehari sebagai langkah sederhana menurunkan kolesterol.
2.    Hindari Makanan Pemicu Kolesterol
Kalau sedang melakukan usaha menurunkan kolesterol, sebaiknya perhatikan juga setiap makanan yang Anda konsumsi. Sebisa mungkin hindari makanan yang bisa meningkatkan kolesterol dalam darah, seperti makanan berlemak, seafood, jeroan, dan makanan berlemak.
3.    Olahraga Setiap Hari
Olahraga juga bisa memberikan dampak yang begitu besar dalam menurunkan kolesterol. Bukan hanya membuat tubuh jadi lebih bugar, olahraga setiap hari akan mempercepat penurunan kolesterol.
Setelah mengetahui manfaat teh hitam yang bisa menurunkan kolesterol, apakah Anda masih enggan untuk minum teh hitam setiap hari? Yuk, bantu menurunkan kolesterol secara cepat dengan minum teh hitam setiap hari. Apalagi, saat ini ada SariWangi Teh Asli, teh hitam siap seduh yang praktis dan nikmat. Namun, ingatlah untuk melakukan cara menurunkan kolesterol lainnya dan tidak bisa sepenuhnya mengandalkan teh hitam saja, ya!

Sumber:
healthline.com/nutrition/black-tea-benefits
verywellhealth.com/can-drinking-tea-keep-your-cholesterol-levels-healthy-697715
medscape.com/viewarticle/462727
ndtv.com/health/cholesterol-management-drinking-these-teas-can-lower-cholesterol-know-foods-to-avoid-2094335

Diakses pada:
18 Desember 2019