Resep Takjil Buka Puasa

Bulan puasa sudah di depan mata. Nah, apakah Anda sudah menyiapkan daftar makanan untuk berbuka puasa dan sahur? Selain menyiapkan menu sahur dan berbuka, jangan lupa juga untuk membuat daftar hidangan takjil untuk disajikan kepada seluruh anggota keluarga. Resep buka puasa tidak hanya terdiri dari makanan berat saja, tapi Anda juga perlu menyediakan berbagai minuman manis untuk disantap saat berbuka puasa. Minuman manis dan dingin untuk berbuka puasa tentu akan terasa lebih segar. Nah, kali ini kami akan berbagi resep buka puasa berupa aneka minuman manis untuk takjil. Resep minuman untuk buka puasa ini spesial dan jarang Anda temukan di warung kaki lima maupun kafe, lho. Oleh karena itu, mari membuat resep minuman dingin dan segar untuk berbuka puasa bersama keluarga!

Bahan-bahan Resep Takjil Buka Puasa :

  • Minuman Buka Puasa Es Teh Ronde

  1. 2 kantong Teh SariWangi

  2. Gula Pasir

  3. Susu

  4. Ronde siap saji

 

  • Minuman Buka Puasa Bubble Tea

  1. Bengkuang

  2. Pewarna makanan berwarna merah

  3. Tepung Kanji

  4. 1 kantong Teh SariWangi

  5. Gula Cair

 

  • Minuman Buka Puasa Es Teh Cendol

  1. Gula Pasir

  2. Gula Merah

  3. Daun Pandan

  4. 2 kantong Teh SariWangi

  5. Garam

  6. Santan

  7. Cendol Siap Saji

 

  • Minuman Buka Puasa Teh Kiwi Vanila

  1. 1 antong Teh SariWangi

  2. Gula Pasir

  3. Krimer

  4. Buah Kiwi

  5. Es Krim Vanilla

Cara Membuat Resep Takjil Buka Puasa :

  1. Resep Minuman Buka Puasa Es Teh Ronde
    Karena Anda akan menikmati ronde saat berbuka puasa, maka kami menyarankan Anda untuk membuat Es Teh Ronde. Sejatinya, ronde bisa dinikmati dalam keadaan hangat maupun dingin. Melalui resep buka puasa ini, kita akan berkreasi membuat Es Teh Ronde yang dingin dan menyegarkan. Cara membuat Es Teh Ronde, seduh 2 kantong Teh SariWangi dalam air mendidih, lalu tambahkan gula pasir dan susu sesuai selera. Siapkan 2 buah gelas saji yang sudah diisi dengan es batu dan tuangkan es teh susu yang sudah dibuat ke dalam gelas saji. Tambahkan ronde siap saji secukupnya ke dalam gelas. Es Teh Ronde pun siap untuk disajikan!

  2. Resep Minuman Buka Puasa Bubble Tea
    Bubble tea adalah minuman yang banyak dijual di Taiwan. Namun, dewasa ini Anda pun bisa menemukan minuman ini dengan mudah saat sedang berjalan-jalan di pusat perbelanjaan atau tempat-tempat makan. Nah, kalau Anda bisa membuat bubble tea sendiri, mengapa harus membelinya? Bubble tea yang akan dibuat kali ini berasal dari bengkuang dan tepung kanji. Pertama, potong 1 buah bengkuang dalam bentuk dadu. Kemudian, warnai dengan pewarna makanan berwarna merah. Setelah itu, balurkan tepung kanji ke seluruh potongan bengkuang tersebut. Selanjutnya, rebus potongan bengkuang di dalam air mendidih hingga mengapung. Sambil menunggu bengkuang matang, Anda bisa menyeduh 1 kantong Teh SariWangi di dalam segelas susu panas. Setelah itu, siapkan gelas lain untuk menyeduh 1 kantong Teh SariWangi lagi di dalam air panas. Setelah dingin, blender es batu, gula cair, air teh, dan teh susu. Langkah terakhir adalah memasukkan bubble bengkuang ke dalam gelas dan tuang teh yang sudah diblender tadi. Yuk, nikmati Bubble Tea rumahan ini untuk berbuka puasa!

  3. Resep Minuman Buka Puasa Es Teh Cendol
    Cendol atau dawet adalah minuman yang bisa menjadi hidangan takjil untuk berbuka puasa. Akan tetapi, kali ini kita akan membuatnya sedikit berbeda dengan mengombinasikannya dengan Teh SariWangi. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah rebus 3 sdm gula pasir, gula merah sesuai selera, dan 2 lembar daun pandan di dalam air mendidih. Diamkan selama 5 menit saat mendidih, lalu matikan api. Saring air gula dalam sebuah wadah. Celupkan 2 kantong Teh SariWangi ke dalam wadah tersebut selama 2-3 menit. Tambahkan sedikit garam dan santan. Siapkan gelas saji yang sudah diisi dengan cendol siap saji, lalu tuang campuran teh dan santan ke dalam gelas. Agar lebih nikmat, jangan lupa tambahkan es batu, ya. Es Teh Cendol ala SariWangi yang Anda buat ini tentu akan menjadi primadona takjil saat buka bersama keluarga besar.

  4. Resep Minuman Buka Puasa Teh Kiwi Vanila
    Nah, yang satu ini adalah resep buka puasa yang sudah pasti disukai oleh si kecil, yakni Teh Kiwi Vanila. Cara membuat minuman ini adalah dengan menyeduh 1 kantong Teh SariWangi di dalam air panas hingga mengental. Selanjutnya, blender teh kental bersama dengan gula pasir sesuai selera, 2 sdt krimer, 2 sdm buah kiwi yang sudah dipotong-potong, dan es batu secukupnya hingga lembut. Tuang minuman ke dalam gelas saji dan letakkan satu scoop es krim vanilla di atas minuman ini. Teh Kiwi Vanilla pun siap untuk disajikan untuk takjil buka puasa yang spesial.

Berbuka dengan kolak pisang atau es cendol tentu hal yang biasa. Tapi, dengan menghidangkan sajian takjil yang unik seperti pada resep di atas, momen berbuka puasa bersama keluarga tentu jadi lebih istimewa. Resep takjil manakah yang jadi favorit keluarga Anda?