Resep Es Teh Mint Nanas

Nanas merupakan buah-buahan tropis yang bisa ditemukan dengan mudah di Indonesia. Rasa nanas yang sedikit masam dan manis membuat buah ini menjadi bahan pelengkap yang unik untuk diolah menjadi minuman segar. Nah, kali ini kami akan mengajak Anda untuk membuat resep es teh mint nanas yang cocok diminum saat cuaca panas. Namun sebelumnya kita kenali dulu manfaat daun mint dan nanas yang akan menjadi bahan utama untuk membuat minuman segar ini.

Manfaat Daun Mint dan Nanas

Mencampur daun mint ke dalam teh mungkin sudah biasa. Aroma kuat dari daun mint akan membuat teh hitam yang akan disajikan jadi lebih harum dan menggugah selera. Akan tetapi, kali ini teh hitam yang biasa diseduh dengan daun mint akan dikombinasikan dengan nanas. Baik daun mint dan buah nanas ternyata memiliki manfaat positif untuk tubuh.
Daun mint merupakan tanaman yang mengandung menthol. Aroma menthol yang segar dapat melancarkan saluran pernafasan karena bersifat anti-inflamasi. Itulah sebabnya mengapa daun mint dapat meredakan hidung tersumbat sekaligus meredakan gangguan pernafasan, seperti pilek dan sakit tenggorokan.
Keistimewaan lain yang ditawarkan teh mint adalah khasiatnya untuk meredakan gangguan pencernaan. Ketika Anda sedang merasa mual, segelas teh mint yang segar dapat meredakan mual dan membuat perut yang tadinya kembung menjadi lebih lega. Usut punya usut, daun mint juga dapat memberikan efek relaksasi pada otot perut yang kram saat menstruasi.
Bagi Anda yang memiliki problem bau nafas tak sedap, kandungan menthol dalam daun mint juga dapat membunuh bakteri penyebab nafas tak sedap yang bersarang di dalam mulut. Mint akan menjaga kelembaban rongga bagian dalam mulut dengan merangsang produksi air liur.
Terlepas dari itu semua, aroma segar yang ditawarkan daun mint juga dapat memberikan efek relaksasi alami bagi Anda yang sedang pusing dan stres. Mint dapat menjadi stimulan alami untuk meredakan depresi yang disebabkan karena stres.
Dalam resep es teh mint nanas, buah nanas juga memiliki peran penting untuk meningkatkan rasa. Perpaduan antara rasa masam dan manis dalam buah nanas akan membuat minuman tersebut memiliki rasa unik yang belum pernah Anda rasakan sebelumnya.
Nanas menawarkan manfaat untuk meredakan perut kembung, sebuah manfaat yang sama seperti yang ditawarkan oleh daun mint. Meskipun rasanya sedikit masam, nanas juga dapat dikonsumsi untuk meredakan diare.
Buah nanas dapat menjadi solusi untuk mengatasi sembelit. Nah, kalau Anda merasa tidak bisa buang air besar hingga berhari-hari sebaiknya jangan keburu minum obat pencahar. Minum saja es teh mint nanas yang bisa Anda buat sendiri.

Bahan-bahan Resep Es Teh Mint Nanas :

 
  • 2 kantong SariWangi Teh Asli

  • 1 buah Nanas, dikupas dan dipotong dadu

  • 8 lembar Daun Mint

  • 1 batang Kayu Manis

  • Madu secukupnya

Cara Membuat Resep Es Teh Mint Nanas :

 
  1. Rebus potongan buah nanas dan kayu manis di dalam air sampai mendidih.

  2. Tambahkan daun mint yang sudah dicuci bersih dan 2 kantong SariWangi Teh Asli.

  3. Setelah airnya berubah warna menjadi kecoklatan, matikan api dan tambahkan madu ke dalamnya.

  4. Sisihkan daun mint dan kayu manisnya, lalu masukkan air teh dan buah nanas yang sudah direbus ke dalam blender.

  5. Haluskan dengan blender dan tambahkan es batu agar rasanya jadi lebih segar.

Resep es teh mint nanas ini sangat mudah dibuat, bukan? Sajikan minuman segar ini di siang hari pada saat cuaca panas untuk melepas dahaga.

Sumber:

idntimes.com/food/recipe/tita/7-resep-es-teh-unik-segar-buat-buka-puasa-bulan-ramadan/full
doktersehat.com/manfaat-daun-mint-bagi-kesehatan/
okaydoc.com/artikel/manfaat-buah-nanas/
 

Diakses pada: 9 Sep 2018