Resep Es Teh Susu Madu

Bahan-bahan Resep Es Teh Susu Madu :

Kebiasaan mencampur teh dengan susu memang sudah menjadi tradisi di Indonesia. Bukan cuma di Indonesia saja, Malaysia lebih dulu memperkenalkan cara minum teh dan susu melalui resep minuman teh tarik. Perpaduan teh dan susu ini memang menghasilkan rasa yang sangat menarik. Alhasil, minuman es teh susu ini semakin populer dan banyak kreasi-kreasi menarik lainnya yang membuat minuman ini jadi lebih nikmat. Kreasi minuman es teh susu memang bervariasi. Ada yang ditambahkan dengan cincau, puding, dan ada pula yang ditambahkan madu untuk memperkuat rasa. Jika Anda ingin mencoba membuat es teh susu madu, simak resepnya berikut ini.

  • 1 kantong SariWangi Teh Asli

  • 4 sdm Susu Kental Manis

  • 3 sdm Madu

  • Air Panas

  • Es Batu

Cara Membuat Resep Es Teh Susu Madu :

 
  1. Seduh SariWangi Teh Asli di dalam air panas selama kurang lebih 3-5 menit.

  2. Angkat kantong teh dan biarkan teh tersebut dingin.

  3. Campurkan es batu, susu kental manis, dan madu ke dalam botol shaker.

  4. Tambahkan juga air teh ke dalam botol shaker, lalu kocok sekeras mungkin agar semua bahannya tercampur.

  5. Tuang es teh susu madu ke dalam gelas saji dan nikmati dalam keadaan dingin.

Perpaduan antara SariWangi Teh Asli, madu, dan susu menghasilkan sebuah minuman manis yang segar dan cukup mengenyangkan. Baik madu dan susu sama-sama memiliki manfaat penting untuk kesehatan tubuh. Jadi, tidak hanya sekedar menjadi minuman pelepas dahaga saja, minuman es teh susu madu ini bisa menjadi minuman sehat yang aman disukai oleh semua orang.

Manfaat Susu dan Madu

Susu merupakan minuman yang dapat mengganjal perut selagi lapar. Bahkan, susu yang manis dapat meningkatkan berat badan bagi orang-orang yang bobot tubuhnya berada di bawah angka ideal. Di samping itu, susu juga merupakan minuman yang dapat menghidrasi tubuh. Teh sendiri merupakan minuman yang dikenal dapat membantu proses hidrasi tubuh. Bila dikombinasikan dengan susu, maka akan menjadi minuman yang dapat mencegah dehidrasi.

Madu yang merupakan bahan pelengkap untuk membuat resep es teh susu madu juga merupakan bahan alami yang memberikan segudang manfaat bagi kesehatan. Sebelum diminum, aroma madu yang kuat ternyata dapat melegakan pernafasan, terutama bagi Anda yang sedang mengalami hidung tersumbat.
Madu juga dapat menjadi pengganti gula yang baik bagi penderita diabetes. Anda dapat menggunakan madu yang benar-benar murni untuk mengganti gula yang biasa ditambahkan ke dalam teh. Ketika sedang batuk, mengkonsumsi teh yang dipadukan dengan madu dapat meredakan tenggorokan yang gatal. Asalkan Anda meminum teh madu ini dalam keadaan hangat.
Manfaat lain yang ditawarkan oleh madu murni adalah kemampuannya untuk menurunkan kolesterol. Di dalam tubuh terdapat dua jenis kolesterol, yakni kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Kolesterol LDL yang terlalu tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Sedangkan madu menawarkan manfaat untuk mengurangi LDL dan meningkatkan HDL. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda mulai mengkonsumsi madu murni atau menjadikan madu sebagai pengganti gula.
Resep es teh susu madu ini bisa Anda coba di rumah. Selain bahan-bahannya mudah ditemukan, es teh susu madu juga menawarkan manfaat yang baik untuk kesehatan, terutama untuk membantu proses hidrasi tubuh dan menjadi “pengganjal” perut disaat lapar. Kalau tidak ingin mengkonsumsi dalam keadaan dingin, Anda bisa membuat teh susu madu yang disajikan dalam kondisi hangat.

Sumber:

hipwee.com/tips/5-kreasi-minuman-teh-yang-menggoda-lidah-dan-bisa-kamu-buat-dengan-mudah/
kriya.co.id/media/racikan-teh-kekinian-yang-wajib-kamu-coba-murah-dan-cocok-untuk-hari-harimu
dokter.id/berita/manfaat-susu-bagi-kesehatan
idntimes.com/food/dining-guide/berlian-rahmy/6-manfaat-madu-bagi-kesehatan-1

Diakses pada: 9 Sep 2018