Sensasi Dingin dan Asam dalam Resep Minuman Teh Gula Asam

Di siang hari yang terik, menikmati minuman dingin dengan sedikit rasa asam tentu akan sangat nikmat dan menyegarkan. Nah, kali ini Anda akan diajak membuat resep minuman dingin, Teh Gula Asam. Minuman ini memadukan rasa asam dan sensasi dingin sehingga sangat cocok untuk diminum di siang hari yang panas.

Bahan-bahan Sensasi Dingin dan Asam dalam Resep Minuman Teh Gula Asam :

  • ‚Äč2 kantung Teh Celup SariWangi

  • ½ balok Gula Merah atau Gula Jawa

  • 500 ml Air

  • 3 buah Asam Jawa

  • 2 lembar Daun Pandan

  • 2 sdm Gula Pasir

  • 10 buah Es Batu

Cara Membuat Sensasi Dingin dan Asam dalam Resep Minuman Teh Gula Asam :

  1. Rebus asam jawa, daun pandan, dan gula merah atau gula jawa di dalam 500 ml air hingga mendidih.

  2. Setelah mendidih, diamkan di atas api selama 5 menit. Kemudian, matikan api.

  3. Celupkan 2 kantung Teh SariWangi ke dalam wadah berisi rebusan asam jawa selama 1 menit, lalu biarkan kantung teh di dalam wadah selama 2 menit.

  4. Tambahkan gula pasir dan aduk hingga merata.

  5. Tuang minuman ke dalam gelas saji dan masukkan es batu sebagai pelengkap.

  6. Teh Gula Asam dingin siap untuk dihidangkan.
     

‚ÄčTidak perlu khawatir, minuman ini tidak memiliki rasa asam yang terlalu pekat. Pasalnya, rasa asam tersebut sudah dinetralisir oleh rasa manis dari gula jawa. Resep minuman dingin ini memadukan rasa asam dan manis yang seimbang.

Tahukah Anda bahwa tidak hanya masyarakat Indonesia yang menggunakan asam sebagai bumbu untuk mengolah berbagai hidangan? Masyarakat di berbagai belahan dunia pun turut menggunakannya. Bahkan, kulit pohon asam pun dapat dimanfaatkan untuk furnitur dan kayu. Asam mengandung vitamin B, zat besi, magnesium, dan kalium. Di samping itu, buah ini juga sering digunakan untuk pengobatan berbagai penyakit. Di Afrika, asam kerap kali diolah menjadi bubur basah untuk menurunkan demam. Sementara itu, di Cina dan India asam digunakan untuk mengurangi kadar flouride dalam tubuh. Sekedar informasi, kadar flouride yang terlalu banyak di dalam tubuh dapat mengakibatkan fluorosis tulang, yakni kondisi penyakit yang dapat merusak tulang dan sendi. Di Indonesia sendiri asam dapat ditemukan dengan mudah. Bahkan, asam selalu menjadi bumbu dapur wajib yang digunakan untuk mengolah berbagai hidangan Nusantara.

Nah, bagi Anda yang ingin merasakan sensasi dingin, asam, dan manis, Anda bisa mencoba membuat resep minuman dingin Teh Asam Jawa ini di rumah. Membuatnya pun tak sulit karena bahan-bahannya sering dijumpai di dapur. Selamat mencoba!

Sumber

healthline.com/health/a-primer-on-tamarind#2
webmd.com/vitamins-supplements/ingredientmono-819-tamarind.aspx?activeingredientid=819&activeingredientname=tamarind