Manfaat Green Tea

Anda tentu sudah mengenal baik manfaat dari teh hitam, bukan? Nah, selain teh hitam, ada teh hijau yang juga menyimpan berbagai khasiat untuk kesehatan. Salah satu khasiat teh hijau yang mungkin paling disukai para kaum hawa adalah membantu menurunkan berat badan.

Sekadar informasi, teh hijau adalah minuman yang paling banyak dikonsumsi di Negara Jepang. Namun, seiring berjalannya waktu, teh hijau juga kini mulai dipasarkan ke berbagai negara, termasuk Indonesia, lho. Meskipun di Indonesia teh hitam lebih umum dijumpai dan dikonsumsi, tapi kini teh hijau juga mulai dilirik oleh masyarakat Indonesia. Hal tersebut tentu didasari oleh rahasia umum bahwa khasiat teh hijau sangat baik bagi kesehatan.

Lantas, apa saja sih khasiat yang ditawarkan teh hijau, terutama bagi kesehatan? Berikut ini adalah 6 khasiat teh hijau untuk kesehatan yang harus Anda ketahui.

  1. Khasiat Teh Hijau untuk Menurunkan Berat Badan
    Sejatinya, teh hijau tidak benar-benar memangkas berat badan Anda. Hanya saja, teh hijau adalah minuman sehat yang dapat mengganti peran minuman manis yang biasa Anda konsumsi sehari-hari. Minuman manis, seperti minuman dalam kemasan atau soft drink bersoda merupakan jenis minuman yang tinggi gula dan kalori. Anda harus menghindari minuman manis tersebut jika sedang menjalankan program diet sehat. Sebaiknya, ganti minuman Anda dengan teh hijau, karena minuman ini rendah kalori dan mengandung aneka manfaat sehat untuk tubuh. 

  2. Khasiat Teh Hijau untuk Menurunkan Kolesterol
    Punya masalah dengan kadar kolesterol yang tinggi? Anda harus segera mencari cara untuk menurunkan kadar kolesterol tersebut jika tidak ingin terkena penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung dan stroke. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Western University of Health Sciences, California, teh hijau adalah minuman yang dapat menurunkan kadar kolesterol buruk (LDL). Mengonsumsi 10 cangkir teh hijau per hari dapat menurunkan kolesterol total secara optimal. 

  3. Khasiat Teh Hijau untuk Kesehatan Kulit
    Masalah kulit tidak hanya terjadi pada kulit di sekujur tubuh saja, tetapi bisa juga terjadi pada kulit kepala, seperti ketombe. Menurut sebuah studi pada tahun 2007 yang dilakukan para peneliti dari Medical College of Georgia, teh hijau dapat menjadi pengobatan baru untuk masalah inflamasi kulit, seperti ketombe dan psoriasis. Psoriasis merupakan penyakit kulit inflamasi  yang menimbulkan bercak kering dan kemerahan pada kulit, serta pengelupasan. Hal ini disebabkan oleh peradangan dan kelebihan sel-sel tertentu pada kulit. Teh hijau dapat memperlambat pertumbuhan sel-sel penyebab inflamasi kulit dan mengontrol keberadaan gen yang mengatur siklus hidup sel-sel tersebut. 

  4. Khasiat Teh Hijau untuk Kesehatan Daya Ingat
    Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Psycopharmacology di tahun 2014 menunjukkan bahwa teh hijau diklaim dapat meningkatkan fungsi kognitif otak manusia, khususnya untuk daya ingat. Selain itu, tim peneliti juga mengatakan bahwa teh hijau dapat dimanfaatkan untuk pengobatan gangguan kognitif yang berhubungan dengan gangguan neuropsikiatri, seperti demensia.

  5. Khasiat Teh Hijau untuk Mengurangi Risiko Kematian Akibat Penyakit Jantung
    Journal of the American Medical Association pernah menerbitkan sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2006. Studi ini menyimpulkan bahwa konsumsi teh hijau dikaitkan dengan berkurangnya angka kematian yang disebabkan oleh penyakit kardiovaskular. Studi yang dilaksanakan di Jepang ini diikuti oleh 40.000 peserta berusia 40-79 tahun yang mengalami masalah kesehatan pada jantung. Studi dilakukan selama kurang lebih 11 tahun lamanya sejak 1994. Peserta yang mengonsumsi setidaknya 5 cangkir teh hijau per hari memiliki risiko kematian yang lebih rendah dibanding peserta yang hanya minum kurang dari satu cangkir teh hijau per hari. 

  6. Khasiat Teh Hijau untuk Mengurangi Risiko Kanker
    Dewasa ini, masyarakat di Amerika Serikat memperbanyak konsumsi teh hijau untuk mencegah kanker. National Cancer  Institute pernah menyatakan bahwa kandungan polifenol dalam teh hijau terbukti dapat menekan pertumbuhan tumor. Para peneliti sangat percaya bahwa kandungan polifenol ini dapat membunuh sel-sel kanker dan menghentikan pertumbuhannya.

Ingin turut merasakan khasiat teh hijau untuk kesehatan? Anda dan keluarga bisa mulai mengonsumsi minuman teh hijau. Jika Anda tidak terbiasa mengonsumsi teh hijau, teh hitam juga menawarkan banyak manfaat sehat untuk tubuh manusia, seperti membantu menghidrasi tubuh, membantu memperbaiki kerusakan sel akibat kanker, membantu menjaga kesehatan jantung, dan mendukung sistem kekebalan tubuh. Namun, tentu saja usaha ini juga harus diimbangi dengan gaya hidup dan pola makan yang sehat, ya.

Baca juga artikel menarik berikut.