Kunci Hubungan Yang Baik Dengan Mertua

Seringkali, hubungan dengan mertua tidak selalu terjalin dengan baik. Hal ini tentu akan menjadi hal yang kurang baik dalam hubungan dengan keluarga. Pada situasi yang demikian, masalah sepele bisa menjadi besar dalam hubungan menantu dan mertua, dan hal ini seringkali terjadi dalam soal komunikasi. Misalnya, masalah mengasuh anak yang sering menjadi perdebatan antara menantu dan mertua. Sebagai orang tua, Anda tentu merasa lebih mengerti cara mengasuh anak.
 
Sementara itu, mertua merasa lebih berpengalaman untuk memberikan yang terbaik bagi cucunya. Masih banyak hal-hal sederhana lainnya yang bisa menjadi perdebatan antara menantu dan mertua. Jika sudah seperti ini, Anda tentu harus memiliki tips komunikasi yang efektif untuk membuat hubungan Anda dan mertua jadi lebih baik. Manfaatkan momen berkumpul bersama keluarga Anda sambil menyajikan resep minuman teh spesial dan istimewa dari SariWangi, dan mulailah membangun hubungan yang baik dengan mertua.
 
Menghormati Mertua
Sebagai orang yang lebih mudah, Anda harus selalu menaruh rasa hormat pada mertua Anda. Bagaimana pun, mertua adalah orang tua Anda juga. Menghormati mertua bisa dimulai dari hal-hal sederhana, seperti berani bicara untuk menawarkan mertua agar mengambil makanan terlebih dahulu saat sedang makan bersama, pamit jika ingin pergi, dan mengucapkan hari ulang tahun atau hari raya kepada mertua Anda, atau beragam hal-hal sederhana lainnya yang bisa membuat mertua merasa lebih dihormati.
 


‚Äč

Bangun Komunikasi Yang Baik
Anda tidak tinggal serumah dengan mertua? Hal tersebut tidak membuat Anda mengurangi komunikasi dengan mertua. Jalinlah komunikasi melalui telpon untuk menanyakan kabar atau menceritakan tentang tumbuh kembang cucunya. Di era digital seperti ini, Anda juga bisa mengirim foto-foto si kecil agar mertua tidak ketinggalan informasi atau perkembangan cucu-cucunya.
 
Berani Meminta Saran
Tips komunikasi yang paling efektif adalah ketika Anda berani bicara untuk meminta saran atau petunjuk dari mertua. Sebagai orang tua yang lebih berpengalaman, beliau tentu bisa mengemukakan pendapat berupa saran, bimbingan. Nah, di sini beliau pasti akan merasa senang karena dibutuhkan oleh menantunya sendiri!
 
Peka Terhadap Keinginan Mertua
Untuk Anda yang baru saja menikah, mungkin sulit rasanya untuk dapat memahami keinginan mertua. Ketika Anda berusaha melayani pasangan, mertua Anda turut ikut campur karena merasa lebih memahami selera anaknya. Berusahalah untuk peka terhadap keinginan mertua karena beliau juga belum terbiasa dengan kehadiran suami/istri anaknya. Lebih baik mengalah dibanding harus memicu pertengkaran.
 
Komunikasi akan lebih mudah terjalin jika sesekali Anda dan pasangan mengunjungi mertua dengan membawa anak-anak. Manfaatkan momen-momen ini untuk membangun hubungan yang baik dengan mertua. Cairkan suasana dengan menyajikan resep minuman spesial Teh SariWangi dan bangunlah komunikasi yang baik dengan mertua sambil bercerita, bercanda dan tertawa bersama.
 
 
Sumber:
wolipop.detik.com/read/2011/07/05/081326/1674555/854/4-cara-memulai-hubungan-baik-dengan-mertua
lifestyle.kompas.com/read/2013/04/26/20435130/Rahasia.Menjaga.Hubungan.dengan.Mertua
she.id/article/1287/begini-taktik-agar-hubungan-harmonis-dengan-mertua.html
Diakses pada: 21 Juli 2017