Nikmatnya Hidangan Nasi Ayam Goreng dengan Kehangatan Teh SariWangi

Indonesia memiliki kekayaan kuliner yang sangat beraneka ragam. Salah satu yang disukai banyak orang adalah hidangan nasi yang disajikan dengan ayam goreng. Makanan istimewa ini memang istimewa dan selalu menggugah selera. Varian menu nasi ayam kini juga semakin beragam. Yuk, simak fakta menarik seputar hidangan nasi ayam khas Indonesia!
 
Nasi Ayam Lebih Populer dengan Sebutan Pecel Ayam
Masyarakat memang lebih mengenal nasi ayam dengan sebutan pecel ayam. Makanan yang satu ini diduga berasal dari kawasan Jawa Tengah atau Jawa Timur. Namun kini menu pecel ayam mudah ditemui di berbagai tempat. Meskipun lebih populer dengan sebutan pecel ayam, tetapi tidak ada bumbu kacang yang digunakan sebagai bahan dasar. Istilah pecel ayam hanya digunakan untuk menyebut sajian ayam goreng yang dipadukan dengan sambal tomat matang.
 
Bahan Dasar Menu Nasi Ayam Goreng
Bahan dasar untuk membuat ayam goreng pada nasi ayam biasanya menggunakan ayam broiler yang dagingnya tebal dan empuk. Ayam tersebut akan direbus bersama berbagai jenis bumbu seperti bawang merah, lengkuas, ketumbar, dan kemiri yang dihaluskan. Bahan lainnya berupa batang sereh yang dimemarkan dan daun salam juga digunakan untuk memperkaya aroma ayam.
 
Proses perebusan ayam harus dilakukan dalam waktu lama agar tekstur ayamnya empuk dan bumbunya meresap sempurna. Kalau Anda ingin membuatnya sendiri di rumah, Anda juga bisa menggunakan air kelapa untuk merebus ayam. Karena air kelapa bisa membuat tekstur ayam lebih cepat empuk dan rasanya pun semakin gurih.
 
Semakin Kekinian
Sesekali mungkin Anda bosan menyantap nasi ayam yang disajikan dengan sambal tomat matang. Jangan khawatir dulu kalau mulai bosan. Sekarang, sajian menu nasi ayam ternyata semakin bermacam-macam dan bergaya kekinian. Ada ayam geprek tanpa tulang yang disajikan dengan sambal super pedas. Selain itu, ada pula ayam yang disajikan dengan keju mozzarella yang meleleh, sambal matah, atau saus telur asin. Soal urusan pelengkap, tentu saja tahu dan tempe goreng tidak boleh ketinggalan. Menu nasi ayam kesukaan Anda belum lengkap tanpa tambahan kedua jenis lauk tersebut.
 
Minuman yang Cocok untuk Menemani Nasi Ayam
Sebagian besar sajian menu ayam goreng pasti ditemani dengan sajian teh, baik disajikan hangat atau dingin. Untuk merasakan kenikmatan teh asli ketika Anda menyantap menu ayam goreng, Anda tentu bisa memilih teh SariWangi yang dibuat dari teh berkualitas dengan aroma dan rasa yang spesial untuk Anda, dan tentunya sangat cocok dengan menu ayam goreng. Sajian Teh SariWangi dapat Anda buat baik dingin maupun hangat dengan beragam kreasi minuman teh yang sesuai dengan selera Anda.
 
Teh SariWangi akan membuat sajian menu nasi ayam goreng yang Anda santap akan semakin istimewa. Kenikmatan nasi ayam goreng dipadukan dengan kehangatan Teh SariWangi akan memberikan Anda sensasi tersendiri saat menyantapnya.
 
 
Sumber:
umiresep.com/cara-membuat-pecel-ayam-nikmat-sedap/
kuliner.ilmci.com/resep/2013/07/pecel-ayam.aspx
Diakses pada: 2 Januari 2018