Persiapan Bulan Ramadhan Bersama Keluarga

Bulan Ramadhan merupakan salah satu momen yang paling ditunggu oleh umat muslim. Agar setiap anggota keluarga dapat menjalankan dan memaknai bulan yang penuh rahmat ini, maka ada berbagai hal yang harus dipersiapkan. Berbagai persiapan yang hendak dilakukan tentunya dilakukan secara bersama dengan keluarga. Apa saja persiapan bulan Ramadhan yang harus Anda dan keluarga lakukan? Berikut pembahasannya.
 
Persiapan Fisik
Memasuki bulan puasa, persiapan fisik tentu sangat dibutuhkan agar Anda dan keluarga dapat menjalankan ibadah puasa secara utuh, hingga hari Idul Fitri, di mana Anda dan keluarga juga dapat berkumpul dengan sanak saudara dalam memperkuat silaturahmi. Dalam hal ini, Anda harus memperhatikan konsumsi makanan dan minuman yang sehat serta melakukan kebiasaan-kebiasaan yang akan mendukung kesehatan tubuh Anda dan keluarga.
 
Persiapan Batin
Selain fisik, Anda dan keluarga pun perlu mempersiapkan diri secara batin. Menjalankan semua kewajiban pada bulan Ramadhan merupakan ibadah yang harus ditunaikan. Oleh karena itu, agar Anda dan keluarga dapat lebih memaknai Bulan Ramadhan dan tidak hanya sekedar menjalankannya, maka persiapkan batin agar Anda dan keluarga dapat benar-benar memahami setiap makna dari bulan Ramadhan. Dalam mendukung persiapan batin Anda dan keluarga, maka wawasan tentang Bulan Ramadhan pun harus ditambah. Ajak keluarga untuk bersama-sama menambah wawasan tentang Ramadhan, sekaligus memberikan pengajaran kepada anak-anak tentang makna Ramadhan.
 
Persiapan Harta
Harta dalam ini adalah untuk menambah sedekah di bulan Ramadhan. Sebagai bulan yang penuh berkah, maka Anda dan keluarga pun perlu mempersiapkan harta yang akan digunakan untuk sedekah. Bicarakan hal ini dengan pasangan Anda dan mulai biasakan anak Anda untuk menabung secara pribadi untuk menjadi sedekah. Jadikan hal ini sebagai bahan diskusi keluarga sambil menikmati sajian teh celup SariWangi spesial kegemaran Anda dan keluarga.
 
Persiapan Rumah dan Keluarga
Persiapan ini meliputi hal-hal pada rumah Anda dan secara keluarga. Dalam hal rumah, misalnya Anda ingin mengganti suasana rumah dengan merubah penataan-penataan perabotan rumah Anda. Selain itu, dalam persiapan secara keluarga, Anda tentu perlu bahas secara bersama dengan keluarga tentang persiapan menu-menu makanan untuk bulan puasa dan rencana mudik. Atur waktu keluarga terbaik untuk dapat membahas hal-hal ini secara bersama sambil ditemani sajian teh celup SariWangi yang akan menambah kehangatan dalam diskusi keluarga Anda.
 
Persiapan-persiapan di atas tentu akan membantu Anda dan keluarga untuk siap memasuki Bulan Ramadhan dan juga siap untuk menjalankan ibadah dan semua kewajiban. Selain itu, dengan mempersiapkan hal-hal tersebut secara bersama-sama, maka hubungan dan keharmonisan keluarga pun akan senantiasa terjaga. Yuk, siapkan diri Anda dan keluarga dalam memasuki Bulan Ramadhan!
 
 
Sumber:
depoklik.com/blog/7-tips-persiapan-keluarga-dalam-menyambut-ramadan/
sehatfresh.com/sambut-ramadhan-dengan-suka-cita-bersama-keluarga/
Diakses pada: 26 Maret 2018